6 Kontes Facebook Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Hanya dalam 5 Menit

6 Kontes Facebook Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Hanya dalam 5 Menit

Tahukan Anda mengapa Anda sangat membutuhkan interaksi pengguna Facebook dengan profil akun atau fanspage Anda? Facebook adalah sebuah media sosial yang memiliki sangat banyak pengguna termasuk pengguna yang menjadi teman Anda atau like fanspage Anda.

Jika seorang user menyukai banyak fanspage maka tidak seluruh update dari semua fanspage tersebut akan dimunculkan pada beranda user tersebut. Sama halnya dengan beranda Anda, tidak semua yang dishare teman Anda akan ditampilkan di beranda Anda. Lalu bagaimana algoritma Facebook menampilkan apa yang kita share? Jawabannya terletak pada interaksi user dengan user lain atau fanspage lain, secara mudahnya interaksi bisa berupa membuka fanspage, like, comment atau share.

Secara sederhananya share memiliki poin paling tinggi dibanding comment, dan comment memiliki poin tinggi dibanding like, like memiliki poin tinggi dibanding hanya membuka. Semakin sering user yang like fanspage Anda dan melakukan interaksi maka ketika Anda menawarkan produk, postingan tersebut akan ditampilkan pada beranda user tersebut.

Sebuah kontes Facebook dapat dilakukan dengan sederhana untuk membangun interaksi tersebut.

Lupakan aplikasi pihak ketiga, cukup jalankan kontes sederhana dengan meng-update status pada timeline Facebook Anda.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan engagement dan reach pada bisnis Anda di Facebook dengan mendorong aktivitas dari user Anda. Ketika orang LIKE, SHARE dan COMMENT di status Facebook Anda, Anda akan mendapatkan publikasi ke jaringan Facebook mereka dan meningkatkan kemungkinan untuk muncul di timeline mereka.

Anda juga dapat menggunakan kontes Facebook sederhana untuk memperbanyak list email Anda. DigitaMarketer.id akan membahas tentang strategi ini di bagian terakhir.

Jika Anda ingin mengadakan kontes yang lebih kompleks daripada yang disebutkan di bawah, pertimbangkan untuk menggunakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang akan dibahas pada akhir artikel ini.

Anda dapat memilih salah satu dari enam jenis kontes di bawah ini dan dapat dijalankan hanya dalam hitungan menit.

1. Like untuk Menang

Tidak ada yang lebih sederhana daripada ini. Cari cara yang insentif untuk melakukan give away dan meminta orang lain untuk LIKE halaman Anda bagi peserta yang mengikuti kontes yang Anda buat.

Tujuan di kontes ini sangat sederhana yaitu untuk meningkatkan jumlah orang yang LIKE halaman Anda, sehingga Anda bisa terus terlibat dengan mereka.

Jika memungkinkan, gunakan gambar hadiah di kontes Anda.

facebook-contest1

2. Komentar untuk Menang

Kontes ini super mudah. Cukup minta fans Anda untuk mengomentari post Anda. Komentar dari mereka adalah cara untuk mengikuti kontes.

“Mengisi bagian kosong” adalah salah satu contoh untuk mendorong komentar dari Fans.

Tempat travel favorit saya adalah ________ karena _______. Posting tempat liburan favorit Anda untuk mengikuti dan kesempatan memenangkan [HADIAH]! Kami akan memilih pemenang dari komentar pada pukul 5 sore hari Rabu!

Berikut ini cara Sierra Tierra Marketing menggunakan Komentar sederhana untuk memenangkan kontes.

facebook-contest2

3. Menyelesaikan Sesuatu untuk Menang

Ini hanya twist pada komentar untuk memenangkan kontes.

Kontes akan tetap menggunakan sistem mendaftar melalui komentar tapi dalam hal ini, Anda meminta mereka untuk memecahkan teka-teki atau menjawab pertanyaan trivia.

Berikut beberapa contoh klasik,

Tebak berapa banyak jelly bean dalam toples ini. Bagi yang menebak dengan jawaban terdekat akan memenangkan [HADIAH]. Pemenang akan diumumkan pada pukul 6 sore hari Minggu Paskah di halaman Facebook kami.

Atau Anda dapat menggunakan cara lain yaitu,

Orang pertama yang mengatur ulang tulisan-tulisan ini dengan benar dan menjawab pertanyaan akan mendapat kesempatan untuk memenangkan [HADIAH]. Perhatikan pertanyaan baru setiap hari pada bulan Desember. Berikut adalah pertanyaan hari ini: Siapa blogger terbaik di Internet?

L T I D I A G    R T A K M E E R

Halaman Facebook LoansbyChris mempostingkan pertanyaan trivia selama beberapa hari yang pada akhirnya mendapatkan satu pemenang.

facebook-contest10

Perhatikan dan buatlah pertanyaan trivia yang relevan dengan bisnis Anda.

4. Upload Gambar untuk Menang

Ketika Fans Anda meng-upload gambar, Anda bisa mendapatkan hiruk-pikuk aktivitas yang terjadi di halaman Facebook Anda. Fans akan meng-upload konten mereka pada halaman Anda dan penggemar lainnya akan share, like dan mengomentari gambar tersebut.

Berikut ini contohnya:

Apakah Anda akan menghadiri konferensi National Paper Towel Association (NPTA) kami di Hoboken akhir pekan ini? Share foto yang Anda ambil dari kegiatan akhir pekan Anda di komentar – jika foto Anda mendapat ‘Like’ paling banyak. Anda akan memenangkan [HADIAH]. Pemenang kontes akan diumumkan hari Senin pukul 19.00 WIB.

Monster Energy Drinks : Ikuti kontes ini untuk memenangkan hadiah berupa uang tunai Rp. 3.000.000,-

facebook-contest111

5. Caption untuk Menang

Ini adalah twist pada komentar untuk memenangkan kontes. Jenis kontes ini bisa mendapatkan BANYAK aktivitas yang terjadi di halaman Facebook Anda.

Jika Anda memilih gambar yang salah, kontes ini akan gagal. Jadi berhati-hati dengan pilihan gambar Anda.

Tapi jika Anda memiliki gambar yang bagus dan relevan dengan interest fans Anda, kontes ini akan menghasilkan banyak komentar, like dan share.

Tauck, agen tour travel, ikuti kontes ini pada halaman mereka untuk memenangkan kamera digital Canon.

facebook-contest3

6. Join E-mail List untuk Menang

Sebagai digital marketer, Anda tentu ingin memperbanyak email list Anda. Email list ini bagus untuk meningkatkan keterlibatan di Facebook.

Untuk membuatnya menjadi uang, Anda perlu memindahkan orang ke dalam sistem email Anda.

Berikut ini adalah kontes Facebook sederhana yang akan mendapatkan engagement Facebook dan memperbanyak email list Anda.

facebook-contest4

Pada Free Digital Reads, salah satu properti buku di Kindle, kontes sederhana ini dibuat pada timeline Facebook dan mendapatkan lebih dari 250 email subscriber. Membuat kontes untuk $ 25 Amazon gift card. Jadi hanya 10 sen per subscriber.

Kontes Aplikasi Pihak Ketiga

Tidak ingin membuat kontes sederhana? Jika Anda ingin membuat kontes Facebook yang lebih kompleks, berikut ini adalah beberapa aplikasi pihak ketiga kami sarankan:

Bagaimana, apakah Anda pernah menjalankan beberapa kontes sederhana di Facebook tersebut untuk bisnis Anda? DigitalMarketer.id akan sangat antusias mendengar pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

 

(Note: Dengan mempelajari bahasan Facebook secara lebih lengkap melalui DigitalMarketer.id Labs, maka Anda akan dengan mudah menjalin hubungan baik dengan customer dan mampu meningkatkan profit bisnis Anda >> 3 Langkah Memulai Beriklan di Facebook.)

 

CTA Artikel 2

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!