Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membangun Sebuah Website? Ketahui & Pahami Tentang Ini!

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membangun Sebuah Website? Ketahui & Pahami Tentang Ini!

Apakah Anda salah satu bisnis owner atau blogger yang baru saja membangun sebuah website untuk memaksimalkan kinerja bisnis Anda?

Setelah memiliki dan membangun website, apa yang Anda lakukan? Langsung bersiap perang untuk melakukan promote ke orang-orang?

Ups! Hati-hati! Jika benar itu rencana Anda, sebaiknya ditahan terlebih dahulu. Semua ada waktunya, kalau Anda terburu-buru melakukannya yang ada malah menghambat pertumbuhan dan perkembangan website.

Ada baiknya sebelum bertindak, Anda mengetahui dan memahami berbagai elemen dari sebuah website. Hal ini akan membantu Anda dalam memanage website yang telah Anda buat sebelum melancarkan aktivitas marketing.

Artikel berikut akan mengajak Anda untuk mandalami elemen dari website yang akan mempengaruhi fungsi dan cara kerjanya ke depan.

Mari kita mulai…

Elemen dari Sebuah Website

Dalam sebuah website, terdapat berbagai elemen yang saling mempengaruhi. Jika elemen-elemen ini diterapkan serta dimaksimalkan secara baik maka website yang Anda bangun sekarang ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar.

Dan sudah pasti membawa dampak positif, seperti memperoleh traffic tinggi, feedback, meningkatkan brand Anda.

Itu hanya sebagian kecil saja, masih banyak yang akan diperoleh jika website Anda mampu tumbuh berkembang dan bersaing dengan website lain yang isinya sejenis.

Berikut ini adalah elemen yang dimaksud…

Search Engine Optimization (SEO)

Anda pasti sering mendengar istilah Search Engine Optimization atau SEO. Tapi mungkin diantara Anda belum begitu mengerti apa itu SEO.

Menurut Search Engine Land, SEO adalah proses mendapatkan traffic dari hasil pencarian secara free, organic, editorial atau alami pada search engines.

Semua search engines seperti Google, Bing dan Yahoo memiliki hasil pencarian utama, di mana page web dan konten lainnya seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan diberi peringkat berdasarkan apa yang search engine anggap paling relevan untuk para user. Payment tidak dilibatkan, karena ada iklan pencarian yang berbayar.

seoSumber : Search Engine Land

Dalam hal mengoptimalkan situs untuk search engines, Anda harus mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan SEO website.

Keyword & Key Phrase Research

adwords1Sumber : Google Adwords

Sebagus atau secanggih apapun website Anda, jika tidak menarik user untuk mampir sama saja menjadi hal yang sia-sia.

Dan di sinilah pentingnya peranan keyword dan key phrase research.

Keyword and key phrase research penting untuk Title tags dan Meta Description Tags pada sebuah website.

Anda bisa membuat keyword dan melakukan penelitian keyword dengan menggunakan Google AdWords keyword planer.

Anda harus berhati-hati dalam memasukkan keyword. Google akan memberi sanksi ke website yang memasukkan keyword ke dalam title dan meta description tags secara berlebihan.

Jadi cara terbaik dan paling aman agar tidak terkena sanksi adalah mengikuti saran yang direkomendasikan dari Google.

Title Tags

Anda tahu tentang title tag? Atau pernah melihatnya pada sebuah website? Berikut Ini adalah tampilan dari title tag dalam HTML.

title tagSumber : Kiss Metrics

Setiap title tag harus berada diantara 60 dan 80 karakter. Google merekomendasikan 65.

Untuk membantu Anda dan memberikan gambaran, berikut ini ada contoh yang menggunakan title tag checker yang tersedia secara online.

title tag 1Sumber : ezlocal.com

Seperti yang dapat dilihat dari gambar di atas, title tag untuk halaman Connect termasuk sempurna karena sepanjang 65 karakter dan sesuai pedoman Google.

Jika karakter title lebih atau kurang dari yang dianjurkan, page tidak mendapatkan peringkat yang baik.

Meta Description Tags

Mirip dengan title tag, tampilan dari meta description tag terlihat seperti ini di HTML

meta description tagSumber : kissmetrics.com

Meskipun meta description tag tidak selalu membantu peringkat SEO, tetapi elemen ini sangat membantu user saat melihat search engine results page (SERP) karena menampilkan deskripsi tentang situs Anda.

Begini tampilan meta description tag yang terlihat dalam SERP

meta-serpSumber : Moz.com

Dengan menggunakan meta description tag checker gratis yang tersedia online, Anda dapat mengoptimalkan meta description tag homepage Anda.

meta-descriptionSumber : Moz.com

Dengan menjaga meta description Anda di bawah 155 karakter, Anda dapat memastikan bahwa tidak kalimat yang terputus atau dipersingkat pada SERP dan para pengguna internet dapat melihat deskripsi secara lengkap.

Headers

Apa fungsi dari elemen yang satu ini? Header bisa membantu search engine spider untuk menavigasi page Anda dan menemukan content. Namun menurut rekomendasi Google terbaru, header hanya memberi sedikit dorongan untuk SEO.

Header adalah cara untuk memasukkan keyword tapi harus digunakan secara hemat, yaitu sebaiknya digunakan hanya satu header (H1) per page dan gunakan kata-kata ringkas untuk menghindari penumpukkan. Elemen lainnya pada page harus menggunakan setidaknya header H2 dan H3, tapi bisa juga sampai menggunakan H6

header

Sumber : Digitalmarketer.id.

Image Name & Alt Tags

Banyak yang belum begitu mengetahui fungsi dari Alt tag, dan seberapa penting untuk SEO.

Alt tag sangat penting untuk SEO. Setiap image yang digunakan pada website Anda harus diberi alt tag.

Keyword yang digunakan untuk alt tag ini harus memberikan penjelasan yang baik dari image dan usahakan untuk menggunakan keyword yang sering dicari oleh para pengguna internet ketika mereka mengetiknya di search engines.

Berikut adalah contoh penggunaan tag alt dari HTML sebuah website. alt tag diberi warna merah.

image name & alt tagIni akan membantu search engines untuk menemukan image pada pencarian gambar berdasarkan pada keyword yang digunakan.

Links

Internal links harus menghubungkan setiap page ke page lainnya pada website dan cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan menghubungkan setiap page di bar navigasi yang terdapat pada header page.

Gunakan metode ini untuk menghubungkan setiap page internal.

Sedangkan external links adalah link yang dihubungkan ke website Anda, sumbernya dari domain lain atau sebaliknya.

Anda dapat menyertakan beberapa external link ke situs yang akan membantu Anda dalam memberikan peringkat yang baik, termasuk ke Google+, WordPress, Google Maps, dan sejumlah situs social media.

Intinya adalah atur semua external link agar dapat membawa pengunjung ke website Anda.

Content

Kalau website tanpa ada content apa jadinya? Tidak ada pesan yang disampaikan, tidak ada aktivitas untuk menarik pengunjung dan pastinya tidak bisa meningkatkan traffic website.

Content mungkin adalah elemen yang paling penting untuk SEO Anda karena memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan website tanpa harus bergantung pada external link dari domain lain.

Sangat penting untuk content menggunakan keyword dan frase yang relevan, selain itu keyword yang digunakan harus tepat dan padat.

Content juga harus fresh dan menggunakan trending topic akan meningkatkan peringkat page website Anda.

Berikut ini ada contoh dari beberapa kata-kata dan frase yang disarankan untuk meningkatkan content Anda.

key-phrasesSumber : Google Adwords

Tampilan content yang menarik dan penggunaan keyword serta frase tidaklah cukup, yang perlu Anda perhatikan dalam membuat content untuk website adalah kualitasnya.

Content dengan kualitas yang baik akan membangun engagement dengan pengunjung yang mampir dan membuat mereka kembali ke situs tersebut. Bukan hanya itu saja, dengan senang hati mereka akan men-share content Anda.

Social Media

Walaupun masih belum jelas seberapa banyak Social Link mempengaruhi peringkat SEO, social media dianggap sangat penting karena memiliki kemungkinan besar menjadi pintu gerbang ke website Anda dan akan meningkatkan traffic, konversi, content sharing dan membangun external link.

Google + merupakan salah satu situs social media yang memiliki peran untuk menghubungkan satu link ke link lain.

Yang Perlu Dilakukan ke Depan

Setelah Anda mengetahui elemen dalam sebuah website, bukan berarti Anda bisa duduk santai.

Situs terbaik sekalipun akan terus melakukan update dan hal ini dapat memberikan sejumlah benefit.

Pada bagian ini kita akan menguraikan beberapa strategi jitu untuk memaintain dan mengupdate sebuah website.

Teruslah membaca!

1. Layout

Layout yang fresh penting karena memiliki beberapa alasan. Pertama, situs harus terlihat up to date dan tetap terhubung dengan tren desain UI yang terbaru.

Pengunjung situs akan mencari dan melihat apakah ada yang terbaru di media online, dan website DigitalMarketer,id berkesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik.

Page harus diberikan tampilan baru secara teratur. Setelah situs dioptimalkan untuk perangkat mobile dan tablet, Anda harus memeriksa bagaimana tampilannya pada semua platform dan perangkat secara berkala.

2. Mereview SEO & Content

Mereview SEO dan content website merupakan tugas yang penting, jika Anda tidak memperhatikan bagian ini, Anda tidak akan tahu sejauh mana website Anda akan tumbuh dan berkembang.

Mungkin Anda bisa membuat rencana ke depan untuk website seperti :

  • Mencari serta menganalis dimana kekurangan dari situs Anda
  • Menggabungkan blog page ke situs
  • Mengoptimalkan perangkat mobile dan tablet
  • Mengoptimalkan URL Anda
  • Gunakan HTTPS untuk memastikan koneksi aman bagi pengunjung
  • Mengoptimalkan load speed pada setiap page, dll.

Blog mungkin adalah aspek yang paling penting dari perspektif content dan jika tampilannya fresh, relevan serta menarik, sudah pasti hal itu akan membantu Anda dalam mengarahkan traffic ke situs dan menjaga engagement pengunjung sekaligus meningkatkan peringkat website.

Dan pastinya, membantu peringkat SEO Anda.

3. Promosi Website

Sekali website mulai aktif, terdapat berbagai cara untuk melakukan kegiatan promosi untuk mengarahkan awareness, traffic, engagement, dan return visit.

Ada beberapa metode yang lebih efektif dan dapat langsung diterapkan untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

Anda bisa mempromosikan situs di social media. Semakin banyak channel yang digunakan, semakin Anda akan terlibat dengan target market Anda di social media.

Anda perlu men-share content yang relevan agar klien potensial dapat mengerti apa yang Anda sampaikan.

Anda dapat menggunakan email marketing campaign untuk mempromosikan website. Email marketing masih merupakan cara yang baik dan sangat efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk.

4. PPC, Display & Paid Social

Iklan berbayar adalah cara yang sangat cepat dan efisien untuk mempromosikan bisnis atau brand.

Anda dapat melakukan percobaan pada setiap jenis iklan berbayar seperti PPC, display, dan paid social sebagai cara untuk mempromosikan website Anda.

Berikut ada beberapa contoh dari berbagai jenis iklan berbayar di media yang bisa Anda gunakan.

paid-socialSumber : (Iklan Berbayar Social Media) Facebook

ppcSumber : (Iklan PPC) Google

display-adSumber : (Iklan Display)

5. Analitycs

Untuk semua rencana yang telah Anda buat dan susun, analisis adalah salah satu faktor yang penting untuk memastikan keberhasilan website dan Anda perlu mengukur apa yang perlu ditambahkan atau diubah kemudian mengaplikasikan perubahan berdasarkan temuan.

Google Analytics adalah tools gratis online yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan beberapa pengetahuan yang berharga.

Contoh tampilan Google Analytics

google-analyticsSumber : Google

Setiap akun memiliki 3 level yang dikenal sebagai properties. Anda harus memastikan untuk memasukkan kode pelacakan GA ke HTML untuk setiap properties yang ingin Anda ukur.

Lalu apa sebenarnya hal-hal penting yang bisa diukur?

  1. Site Traffic

Pada bagian ini, Anda bisa mengukur antara total kunjungan dan kunjungan yang unik. Setiap metric akan memberikan Anda wawasan tentang faktor yang bervariasi.

Ketika mengukur total kunjungan, ini akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat apakah promosi website Anda bekerja dengan baik.

Ketika Anda melihat kunjungan unik, sebenarnya itu merupakan sebuah informasi bahwa orang yang sama kembali ke website Anda berulangkali.

Secara tidak langsung hal ini memberitahukan bahwa content Anda sudah cukup baik, sehingga mereka mau kembali lagi ke website dan bisa jadi mereka menemukan content Anda menarik. Hal yang sangat bagus!

  1. Referrals

Anda juga dapat mengukur referrals untuk melihat dari mana traffic website berasal. Ini merupakan cara yang bagus untuk mengukur seberapa sukses masing-masing metode promosi situs telah diterapkan.

Apakah sumber traffic dari penelusuran organik, Social Media, PPC, Iklan Display, Media berbayar, Mobile atau perangkat Tablet, Blog atau dari external link di situs-situs lain.

Dari situ Anda bisa memutuskan apakah Anda akan terus menggunakan medium tertentu atau berhenti dan beralih ke medium lain.

Anda juga dapat menggunakan tool ini untuk membantu Anda dalam membangun relationship dengan sumber-sumber lain yang menghubungkan website Anda dan membentuk ikatan dengan mengajukan permintaan tertentu.

  1. Bounce Rate & Exit Rate

Bounce rate diukur dengan jumlah pengunjung yang meninggalkan sebelum menjelajahi situs.

Ini akan memberikan Anda gambaran tentang seberapa baik performa home page dan landing page.

Jika tingkat bouncing tinggi, Anda perlu meningkatkan sesuatu dalam rangka untuk menarik pengunjung dan memberi mereka user experience yang lebih baik.

Exit rate diukur dengan jumlah pengunjung yang keluar pada titik atau page tertentu. Jika Anda menemukan titik atau page tertentu yang bisa memicu terjadinya exit rate, sebaiknya fokuskan diri untuk bekerja pada bagian tersebut.

  1. Conversions

conversionsSumber : Louis

Konversi Anda akan menyertakan tanda untuk newsletter Anda. Mengisi formulir kontak, membaca atau mengunjungi blog, klik pada salah satu link yang disediakan, mengunjungi halaman social media dari situs dan penggunaan internal link untuk menavigasi situs.

Mengukur konversi juga akan memberitahu apakah Anda sedang membangun engagement dengan pengunjung, apa yang perlu ditingkatkan atau mengubah CTA situs website Anda.

Kesimpulannya…

Anda sudah berada di ujung artikel dan selamat! Wawasan Anda tentang website semakin bertambah!

Jadi, setelah Anda mengetahui dan memahami elemen dari sebuah website pastinya Anda tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya, bukan?

Satu hal perlu diingatkan adalah me-manage sebuah situs website memanglah tidak mudah, namun jika Anda tetap sabar dan telaten me-manage website yang Anda bangun semua jerih payah akan terbayar dengan keberhasilan.

Setelah Anda berhasil me-manage website, melakukan kegiatan marketing seperti promosi bisnis akan jauh lebih mudah!

Selamat mencoba!

Baca juga mengenai :

banner-FB-tanpa-link-CTABagikan cerita menarik Anda kepada Digitalmarkerter.id dan para pembaca lainnya tentang pengalaman Anda dalam membangun dan me-manage website atau yang berhubungan dengan topik ini pada kolom di bawah ini!

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!