Cara untuk Terhubung dengan Customer Lokal via Social Media

Cara untuk Terhubung dengan Customer Lokal via Social Media

Sebagai pebisnis online, Anda pasti ingin meningkatkan jumlah customer guna mengembangkan bisnis Anda ke depan.

Jika Anda sering terhubung dengan customer yang di luar dari daerah tempat bisnis, bagaimana dengan customer lokal Anda? Apakah Anda memperhatikan tentang hal ini?

Mungkin terdengar sederhana, namun customer lokal sama pentingnya dengan customer yang berada di luar daerah Anda.

Bisa saja profit bisnis Anda berasal dari customer lokal, namun jika Anda tidak berusaha untuk terhubung dengan mereka, sama saja seperti Anda melewatkan kesempatan mengembangkan bisnis.

Lalu bagaimana caranya agar dapat terhubung dengan customer lokal via social media?

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengetahui cara agar meningkatkan visibilitas di pasar lokal dan juga menjaring customer baru pada top social media. Bukan hanya itu, Anda akan memahami cara jitu membangun hubungan dengan customer lokal.

Mari kita mulai.

Cara Jitu Membangun Hubungan dengan Customer Lokal

  1. Terhubung dengan Customer di Facebook

Mungkin ada lebih dari 1,4 miliar pengguna aktif di Facebook, tetapi hanya sebagian kecil dari mereka tinggal di dekat tempat Anda berbisnis.

Untungnya, ada cara agar Anda dapat mengatasi hal ini dari Facebook page untuk lebih engage dengan customer lokal Anda.

Promosikan Facebook check-in pada bisnis Anda. Ketika orang check-in, mereka memberikan visibilitas gratis di news feed.

Entah Anda insentif check-in atau hanya menampilkan pengingat visual untuk customer agar check-in, ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda kepada audience lokal.

1

Boost postingan Anda. Facebook telah menambahkan beberapa targeting tools untuk boost postingan termasuk ability untuk target list yang telah Anda upload melalui Facebook Ads Manager.

Tentukan target dengan daftar email yang tersegmentasi dari masyarakat local untuk memastikan bahwa mereka melihat postingan Anda yang penting.

2

Post sebuah updatean ke business page Anda, dan kemudian share. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Dengan share secara pribadi, Anda bisa memutuskan untuk siapa Anda akan share postingan tersebut dan fokus pada orang-orang yang ada di komunitas lokal Anda.

Jangan berlebihan dengan taktik ini, karena orang mungkin tidak menikmati updatean rangkaian tanpa akhir tentang ebook gratis Anda.

Mempromosikan Facebook event. Hosting lokal event seperti acara makan siang dan belajar belajar bersama, atau gathering bisnis untuk meningkatkan visibilitas Anda baik online dan offline.

Buat Facebook event dan share ke fans dan teman-teman Anda atau bisa juga mempromosikannya.

Semua orang yang diundang ke event tersebut akan terus melihat dalam notifikasi mereka dan dalam upcoming event kecuali jika mereka menolak undangan.

Sekali lagi, fokuskan undangan event pada orang-orang yang tinggal dan bekerja di dekat Anda.

3

Targetkan Facebook ads untuk audience lokal. Gunakan tools dalam Ads Manager dan Power Editor untuk menargetkan orang-orang berdasarkan lokasi mereka.

Anda juga dapat meng-upload daftar email tersegmentasi Anda untuk menargetkan orang lokal dengan iklan Anda.

Ciptakan audience yang memiliki kesamaan berdasarkan daftar Anda. (Ingatlah untuk menambahkan filter sehingga semua orang yang dihasilkan masih lokal.)

  1. Menemukan Leads pada LinkedIn

LinkedIn, platform sosial yang berfokus pada bisnis, membuat fitur finding local people dalam sekejap.

Karena alamat sangat penting bagi perusahaan dan orang-orang, maka Anda dapat menemukan informasi yang cukup akurat. Karena Anda bisa cek apakah alamat itu benar-benar ada atau hanya rekayasa.

Misalnya, Anda ingin mencari HR professional lokal. Search “HR” dan kemudian filter hasilnya berdasarkan kota atau negara.

4

Anda bahkan dapat menyimpan pencarian dan memiliki informasi dari LinkedIn yang akan mengirimkan update mingguan untuk setiap orang baru yang cocok dengan kriteria Anda.

Anda seperti mendapatkan daftar lead lokal yang dikirimkan setiap minggu!

  1. Etalasekan Bisnis Anda di Instagram

Untuk perusahaan dengan brand visual yang kuat, Instagram dapat menjadi platform yang besar. Profil Instagram Anda memiliki beberapa pilihan branding lokal yang baik.

5

Seperti perusahaan induknya Facebook, Instagram memungkinkan Anda menargetkan iklan berdasarkan geografi atau daftar yang Anda upload ke Facebook Ads Manager.

Anda dapat memanfaatkan hashtag untuk mencari tahu apa yang sedang menjadi trending topic lokal.

Cari tahu lebih dalam bisnis dengan menggunakan Instagram di :

  1. Menjadi Kreatif dengan Snapchat

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan telah mencoba aplikasi yang satu ini.

Kalau begitu, Anda dapat memanfaatkan Snapchat untuk membangun hubungan dengan customer lokal sekaligus mempromosikan brand bisnis Anda.

Caranya dengan mengambil snaps produk Anda, atau membuat rekaman video pendek. Jika Anda membuat snaps, buatlah snaps yang membuat orang penasaran.

Contoh Snaps :

eg-grubhub-pizza

Jika membuat video, usahakan penyampaian pesan iklannya seperti demonstrasi penggunaan produk.

Di akhir video, selipkan call to action yang halus seperti memberitahukan lokasi bisnis Anda agar dapat dikunjungi oleh customer lokal atau sebutkan link website yang dapat diakses oleh mereka.

Biasanya updatean Anda akan masuk di news feed dan hal ini akan dilihat oleh teman-teman Anda.

Bukan hanya itu saja, Snapchat membuka jalan bagi Anda untuk menjadi lebih kreatif dalam mempromosikan bisnis.

Tips untuk Memperluas Footprint Lokal Anda

Berikut adalah 2 cara untuk lebih memperluas footprint lokal bisnis Anda :

Tidak peduli betapa pentingnya social media untuk bisnis Anda, website Anda menjadi tempat di mana Anda menghasilkan lead dan membuat penjualan.

Pastikan bahwa info bisnis Anda (nama, alamat, dan nomor telepon) muncul pada setiap halaman situs Web Anda, dan jadilah konsisten dengan sumber online seperti Google My Business.

Anda dapat menggunakan tool gratis seperti Moz Local untuk memeriksa catatan kaki Anda dan melihat apakah listing Anda konsisten.

Selain media sosial, email juga merupakan tool yang efektif untuk membuat penjualan.

Saat Anda mengembangkan daftar Anda, segmentasikan audience lokal Anda sehingga Anda dapat menargetkan mereka dengan penawaran khusus yang akan menarik perhatian.

6

Pilihan Kembali ke Anda

Selain platform sosial ini, ada banyak orang lain untuk mempertimbangkan seperti Pinterest, Periscope, Blab, dan Reddit.

Semua menawarkan cara untuk terhubung dengan lingkungan di sekitar Anda.

Dan semua kembali lagi ke pilihan Anda, karena setiap jenis platform akan menghasilkan peningkatkan customer lokal yang berbeda-beda.

Anda dapat mencoba satu atau dua platform terlebih dahulu. Yang penting Anda mempraktikkan apa yang telah Anda ketahui dari artikel ini.

Semoga bermanfaat!

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!