Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan

Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan

Setiap kali customer membeli produk dari toko online Anda, mereka akan mendapatkan email receipt. Email receipt adalah cara berhubungan dengan customer, tetapi sering diabaikan sebagai peluang pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana Anda dapat menggunakan email receipt template sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda untuk meningkatkan penjualan produk dan tetap terhubung dengan customer Anda.

Dengan open rate sebesar 70,90 persen, dibandingkan dengan rata-rata 17,19 persen dari email marketing campaigns yang reguler, email receipt menjadi sangat potensial untuk ecommerce. Yang perlu diperhatikan, ketika customer menyelesaikan proses pembayaran (checkout) di toko online Anda, para customer tersebut telah berkomitmen dengan brand dan produk Anda.

Anda dapat menggunakan momen ketika pelanggan membuka email mereka untuk melakukan beberapa hal:

  • Meningkatakan keuntungan dengan upselling produk Anda
  • Menawarkan diskon kode untuk insentif pembelian masa depan
  • Mengatur feedback untuk lebih memahami customer Anda
  • Promosikan akun media sosial
  • Membuat customer berbagi pembelian mereka di Facebook

Berikut ini adalah contoh email receipt yang dilakukan oleh Uber.

Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan

Uber memberikan customer mereka pengalaman produk yang fantastis (perjalanan), dan kemudian memanfaatkan email receipt mereka sebagai marketing tool dengan:

  • Membiarkan customer memberikan penilaiannya terhadap pengalaman perjalanan mereka sendiri
  • Mampu memberikan feedback langsung pada pembelian customer
  • Menawarkan bonus rujukan ketika customer berbagi dengan teman-temannya yang lain
  • Memasukkan konsep yang menyenangkan dalam produk mereka (perjalanan) menggunakan Google Maps

Selanjutnya mari kita gali lebih dalam dan coba perhatikan strategi email receipt yang mungkin Anda bisa terapkan langsung sekarang juga.

Gunakan email receipt untuk upselling produk yang berkaitan

Sudah banyak para perusahaan besar dalam industri ecommerce yang telah melakukan upselling produk pada email receipt.

Misalnya, jauh ke belakang di tahun 2006, Amazon melaporkan bahwa 35 persen  dari pendapatan perusahaan adalah sebagai dampak langsung dari upaya cross sales dan upselling. Dan hal tersebut sebagaian besar melalui email receipt.

Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan

Anda bisa mencoba menggabungkan beberapa upselling produk dalam template email receipt  Anda untuk melihat apakah ada peningkatan pesanan.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan ide ini dalam penerimaan email:

  • Tambahkan pilihan untuk subscription purchase (pembelian berlangganan)
  • Menjual produk atau aksesoris yang berkaitan
  • Menawarkan pilihan untuk membeli produk Anda sebagai hadiah untuk teman

Menawarkan sebuah kode diskon sebagai insentif pembelian selanjutnya

Dengan menawarkan sebuah kode diskon di dalam email receipt Anda, dapat membuat customer Anda kembali untuk melakukan pembelian yang lain.

44 persen dari penerima email promosi yang menyertakan kupon diskon melakukan setidaknya satu pembelian.

Berikut ini adalah contoh dari blok konten sebuah aplikasi bernama Receiptful yang menghasilkan kode kupon unik untuk setiap customer yang melakukan pembelian:

Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan

Bahkan, meskipun diskon tersebut hanya 5%, para customer tetap akan tertarik karena dalam pikiran para konsumen diskon adalah suatu keuntungan yang bagus.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan tentang kupon sebagai alat promosi adalah kupon tersebut memiliki beberapa kegunaan. Anda dapat menggunakannya untuk:

  • Melacak penjualan untuk online dan offline marketing campaign
  • Menawarkan diskon berbatas waktu untuk memberikan insentif pembelian yang lain
  • Memasukkan para customer pada receipt ritel fisik Anda.

Promosikan akun media sosial Anda

Tujuan dari promosi akun media sosial Anda adalah agar menjaga para customer mendapat informasi terkait produk baru ataupun penawaran yang lain jika mereka menjadi teman media sosial dari brand Anda.

Cukup menyertakan link ke akun media sosial Anda pada bagian bawah, atau di content card pada template email receipt Anda. Berikut ini contoh dari The North Face memasukkan akun media sosial mereka ke dalam email receipt  template mereka.

etiap kali customer membeli produk dari toko online Anda, mereka akan mendapatkan email receipt. Email receipt adalah cara berhubungan dengan customer, tetapi sering diabaikan sebagai peluang pemasaran.

Peluang promosi lain juga dapat dilakukan melalui media sosial seperti:

  • Berbagi dengan 10 teman dan mendapatkan 10 persen dari pesanan berikutnya
  • Setiap kali Anda merujuk teman, Anda mendapatkan potongan Rp 10.000 untuk pesanan berikutnya
  • Setiap kali Anda merujuk teman dan mereka melakukan pembelian, pesanan berikutnya gratis
  • Anda bisa mencoba beberapa penawaran tersebut lalu melihat mana yang cocok, menghasilkan penjualan dan keterlibatan yang tinggi.

Dapatkan feedback langsung dari customer yang membayar

Anda bisa mendapatkan langsung feedback yang berharga dari pelanggan yang membayar menggunakan email receipt. Toko ritel dan restoran telah cukup lama melakukan hal tersebut. Seringkali, mereka akan menyertakan entri kontes dengan menyelesaikan feedback survei . Anda dapat melakukan hal yang sama untuk toko online Anda.

Ini akan memberi Anda beberapa pandangan ke dalam aliran pembelian untuk toko Anda, dan beberapa kekurangan yang diungkapkan oleh customer saat proses checkout. Berikut ini contoh dari Warby Parker untuk mendapatkan feedback dari customer.

etiap kali customer membeli produk dari toko online Anda, mereka akan mendapatkan email receipt. Email receipt adalah cara berhubungan dengan customer, tetapi sering diabaikan sebagai peluang pemasaran.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin layak untuk mendapatkan feedback dari pelanggan Anda:

  • Bagaimana pendapat customer tentang proses pembelian secara keseluruhan?
  • Apakah customer merasa produk tersebut harganya cukup terjangkau?
  • Bagaimana customer mengetahui atau menemukan toko Anda?
  • Kapan customer mengharapkan produk yang akan dikirim?
  • Bagaimana Anda bisa meningkatkan alur atau proses checkout toko online Anda?

Apakah customer telah berbagi Pembelian mereka di Facebook

Belanja membuat orang merasa lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa belanja mengaktifkan area utama dari otak yang meningkatkan suasana hati dan memicu pelepasan senyawa kimia pada otak yang memberi Anda semangat”belanja yang tinggi”.

Dengan menggunakan email receipt, Anda dapat mengambil keuntungan dari momen tersebut ketika hormon dopamin dilepaskan ke otak.

Cobalah untuk mendorong customer untuk berbagi pembelian mereka di Facebook ketika mereka masih memiliki semangat “belanja yang tinggi”. Berikut ini contoh email receipt template dari AddShoppers untuk mendorong customer berbagi di Facebook.

Strategi Email Receipt untuk Mendongkrak Pendapatan 6

Dengan mendorong customer untuk berbagi pembelian mereka di Facebook, Anda telah memudahkan para customer untuk merujuk teman-teman mereka. Mengapa hal ini sangat penting? karena kepercayaan orang-orang akan lebih besar kepada perusahaan Anda dan mereka akan lebih terdorong untuk membeli jika mereka tahu produk Anda dari teman-teman mereka sendiri.

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa cara Anda bisa menggunakan email receipt untuk meningkatkan penjualan, Bagaimana Anda akan menerapkan dalam strategi marketing Anda? apa ada taktik lain yang pernah anda terapkan? Digitalmarketer.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!