Cara Praktis Buat Landing Page Profesional dengan ClickFunnels

Cara Praktis Buat Landing Page Profesional dengan ClickFunnels

Mungkin dalam dunia digital marketing, kita telah berkali-kali mendengar yang namanya Landing Page. Secara bahasa, mungkin Anda dapat mengartikannya. Landing berarti mendarat dan Page artinya halaman. Jika digabungkan, Landing Page adalah target halaman yang akan Anda tuju. Pengertian tersebut memang benar, namun hal tersebut masih sangat sederhana.

Untuk lebih mudah menjelaskannya, Landing Page sendiri adalah suatu halaman website yang dikunjungi pertama kali oleh pengunjung. Pertanyaannya adalah, bagaimana pengunjung dapat sampai hingga ke Landing Page ini?

Pertanyaan yang sangat bagus, terutama bagi mereka yang masih sangat pemula di bidang ini. Tentu, ketika Anda ingin mencari informasi terkait dengan hal apapun itu, maka Anda akan langsung merujuk pada alamat website yang akan Anda tuju. Namun, hal tersebut hanya bisa Anda lakukan jika Anda tahu alamat website yang akan dituju. Namun, tidak demikian dengan Landing Page. Biasanya, orang hanya ingin mencari informasi dengan cara memasukkan keyword yang diinginkan ke search engine (biasanya juga link yang disebarkan melalui website lain). Melalui kotak pencarian tersebut, akan menyediakan halaman-halaman website. Halaman yang Anda klik dan Anda kunjungi itulah yang dinamakan dengan Landing Page.

Contoh Landing Page ini dapat Anda lihat pada PanduanDiet.com. Tampilan Landing Page biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja.
Contoh Landing Page ini dapat Anda lihat pada PanduanDiet.com. Tampilan Landing Page biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja.

Dari segi manfaat sendiri, Landing Page berfungsi untuk memperbesar ketertarikan orang untuk bergabung, memperkecil penolakan dari pengunjung, menjaring alamat email, dan sekaligus menjual produk yang Anda promosikan. Berdasarkan manfaat-manfaat tersebut, apakah Anda tertarik untuk membuat Landing Page ini?

Untuk memulainya dengan mudah, Anda dapat menggunakan platform page designer. Misalnya seperti LeadPages, yang menawarkan berbagai macam template dan memungkinkan Anda untuk mengubah berbagai konten apapun yang Anda suka, namun hanya untuk template tertentu. Dengan LeadPages pula, Anda dapat mengoptimalkan 2.x plugin untuk lebih banyak mengkreasikan landing page yang didasarkan pada template yang sudah tersedia. Namun, kekurangan dari LeadPages ini adalah, ketika keluar, OptimizePress 2 akan sangat lambat dan hanya beberapa saja template yang bagus untuk LandingPage Anda.

Clickfunnels Sebagai Rekomendasi Platform Page Designer

Dari segi desain, kurang lebih ClickFunnels bisa dibilang hampir mirip dengan LeadPages. Sangat mudah digunakan, dan banyak menawarkan template yang keren. Anda juga dapat menambahkan template yang telah And a buat sendiri, dan menguploadnya di ClikFunnels. Bahkan, Anda dapat menjual template yang telah Anda buat melalui platform ini.

Tunggu dulu, ada yang lebih jika Anda menggunakan platform ini…

Sebenarnya, inti dari ClickFunnels bukanlah sebuah halaman yang berdiri sendiri, melainkan merupakan bagian dari halaman utama. ClickFunnels tahu bahwa landing atau sales pages tidak akan pernah berdiri sendiri. Itu akan selalu menjadi bagian dari halaman utama. Misalnya, Anda dapat melihatnya pada website DigitalMarketer.id. Pada website tersebut, terdapat link yang mengarahkan ke Landing Page Workshop Digital Marketing. Berdasarkan hal itu, domain landing page tetap menggunakan identitas dari DigitalMarketer.id.

URL pada Landing Page masih berkaitan dengan website utama.
URL pada Landing Page masih berkaitan dengan website utama, yakni DigitalMarketer.id.

Jadi, selain Anda dapat mendesain halaman sendiri, Anda juga dapat membuat saluran penjualan Anda pada seluruh sistem.

Tapi, itu masih belum semua. ClickFunnels hadir bukan hanya dengan template halaman dan template saluran Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah landing page untuk pendaftaran webinar, landing page yang mengarah ke halaman terima kasih, membuat sebuah landing page live webinar. Atau,bahkan Anda ingin membentuk landing page untuk penjualan produk (sales page)?

Tenang saja, semua itu dapat dilakukan jika Anda menggunakan ClickFunnels.

Sebenarnya, Anda dapat melakukan webinar dan membership website langsung dari ClickFunnels. Jadi, Anda tak perlu menggunakan sistem lain. LeadPages memang memiliki beberapa template untuk webinar. Namun, mereka tidak memiliki pilihan untuk mengirimkan email ke segmen yang berbeda-beda. Misalnya seperti “kirim email ke semua yang tidak ingin berpartisipasi” atau “kirim email ke semua yang telah melihat, namun tidak melihat tawaran.” Dan ClickFunnels bisa mengatasi hal tersebut.

Apa yang saya suka tentang ClickFunnels?

Jadi, mengapa DigitalMarketer.id sangat bersemangat menjelaskan tentang ClickFunnels?

ClickFunnels dapat Fokus Pada Seluruh Saluran

Ijo

Biasanya, sistem Customer Relationship Management (CRM) seperti InfusionSoft lebih mahal karena memiliki fokus untuk pada customer. Misalnya, bagaimana perilaku mereka dari waktu ke waktu, melihat ketertarikan mereka. Sehingga, Anda lebih dapat membuat segmen-segmen yang lebih tepat untuk mereka. Namun sayangnya, mereka tidak memiliki desain halaman yang mudah digunakan (cenderung rumit untuk mengubah template), bahkan juga tidak memiliki add-ons seperti webinar dan membership website.

ClickFunnels Benar-benar Efektif

ClickFunnels merupakan satu sistem yang secara harfiah akan mampu menggantikan sistem-sistem lain. Misalnya, seperti webinar, billing system, split testing system, dan page designer). Untuk itulah, dengan hanya satu platform saja, Anda dapat menggantikan sistem-sistem lainnya.

 Lalu, Apa Kekurangan dari ClickFunnels ?

Merah

Setiap platform apapun itu, tentu memiliki sebuah kelemahan. Anda pun tentu yakin akan itu. Hal tersebut juga berlaku pada ClickFunnels. Pada versi beta, masih terdapat beberapa kelemahan pada template. Template sebenarnya cukup susah, oleh sebab itulah web desain harus benar-benar bekerja dengan baik. Pada beberapa template tertentu, tidak semuanya teks bisa diubah. Tentunya, hal ini menjadi kelemahan jika kita ingin menggunakannya untuk pasar di Indonesia. Dengan ini, berarti kita tidak bisa mengubah kata-kata bahasa Inggris).

Harga Sesuai dengan Fitur dan Pelayanan

Untuk sekarang, harga dalam kisaran 97$ per bulan. Namun, harga tersebut termasuk wajar, karena Anda akan mendapatkan sistem-sistem lain yang lebih lengkap, dengan hanya menggunakan satu platform ini.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka akan terdapat sedikit masalah ketika mengintegrasikannya ke ClickFunnels. Namun, Anda dapat mengatasi hal tersebut pada situs Anda dengan menggunakan iFrame. Namun, itu hanya sebuah ‘hack’.

Daripada Anda di persulit dengan hal-hal seperti yang disebutkan di atas, maka Anda akan membuat subdomain, dan hal itu dapat Anda lakukan dengan ClickFunnels.

Apakah Anda ingin menggunakan sistem terpadu untuk landing dan sales page, webinar, serta masih banyak lagi dengan hanya menggunakan satu platform?

Jika Anda mampu menerapkan kemampuan Anda secara teknis, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar seorang web desainer untuk setiap pembuatan page. Jika Anda ingin membuat landing page untuk konversi dan sales page, maka ClickFunnels merupakan jawaban sekaligus solusi bagi Anda.

ClickFunnels Review: Cara Ampuh Mengoperasikan Sistem ClickFunnels

Sekali lagi, ClickFunnels merupakan platform yang cocok bagi Anda yang ingin membuat landing dan sales page, webinar, atau halaman-halaman lain dengan tujuan yang berbeda-beda. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menggunakan platform ini, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu jika menggunakan ClickFunnels.

[well]

Gambaran singkat manfaat jika Anda menggunakan ClickFunnels:

  • Super mudah untuk digunakan
  • Satu-satunya sistem yang memberikan Anda gambaran saluran penjualan lengkap dengan desain yang luar biasa
  • Anda dapat membuat jumlah yang tidak terbatas untuk saluran-saluran seperti landing dan sales page, webinar, membership website, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Anda dapat melakukan uji coba dengan mudah tanpa menggunakan alat atau sistem eksternal lainnya.
  • Anda lebih dapat dengan mudah melakukan pelacakan konversi pada seluruh saluran penjualan Anda.
  • Anda dapat melakukan akses pada tablet dan smartphone dengan desain yang mengagumkan.
  • Mengontrol merek Anda sendiri dengan domain yang Anda inginkan.
  • Dukungan yang fantastis.

[/well]

Ini Cara Bagaimana Melakukan Setting Webinar Otomatis di dalam ClickFunnels

Berikut merupakan tahapan-tahapan yang akan membantu Anda bagaimana menggunakan template saluran otomatis webinar, menggunakan desain page, membuat email yang ditargetkan untuk peserta webinar, mengatur saluran webinar langsung dengan domain Anda sendiri, dan masih banyak lagi lainnya.

Langkah 1: Pilih Template Saluran Webinar Sales Secara Otomatis

ClickFunnels hadir dengan banyak saluran dengan template yang berbeda-beda. Pada dasarnya Anda hanya memilih berbagai saluran dengan template yang sesuai, selanjutnya Anda hanya perlu mengubah teks sesuai dengan kebutuhan.

Gambar 1

Dalam contoh kali ini, DigitalMarketing.id hanya memilih saluran yang disebut dengan webinar otomatis. Namun, sebenarnya banyak template saluran lain yang lengkap dengan halaman opt-in, halaman gratis video, dan satu halaman penjualan (sales page). Berikut merupakan daftar template yang hanya terdiri dari satu halaman, misalnya seperti “404 Eroor Pages”

  • Opt-in Funnel
  • Webinar Funnel
  • Automated Webinar Funnel
  • Invisibel Funnel
  • Launch Funnel
  • Membership Funnel
  • Sales Video Funnel
  • Two step funnel
  • Micro continuity funnel
  • Youtube pages
  • Tripwire funnel
  • Blackbox funnel
  • Thank you pages
  • Affiliate center pages
  • Presell pages
  • Podcast pages
  • 404 error pages
  • Prelaunch pages
  • Sold out pages
  • Double opt in pages
  • Squeeze pages

Wow, banyak pilihan ‘kan? Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan pilihan saluran sesuai dengan tujuan Anda.

Langkah 2: Pilih Halaman Template

Jika Anda sudah memilih template saluran, maka selanjutnya akan muncul template baru di mana Anda perlu untuk memilihnya untuk setiap halaman dan saluran.

Gambar 2

Untuk melakukan hal ini, sangat sederhana. Ingat bahwa terdapat fitur untuk menguji template yang akan Anda pilih. Sebaiknya, uji dua template yang berbeda. Pada webinar otomatis, Anda wajib memilih template untuk halaman-halaman seperti berikut:

  • Pendaftaran Webinar
  • Konfirmasi Webinar
  • Webinar Broadcast
  • Webinar Replay

Template tersebut merupakan syarat yang harus Ada di halaman inti (wizard page). Namun, beberapa orang biasanya juga menambahkan sales page ke bagian akhir saluran. Setelah halaman inti ditampilkan dengan baik pada daftar laman, maka selanjutnya Anda dapat melacak setiap konversi yang terjadi.

gambar 3

Langkah 3: Mengubah Teks Asli Pada Halaman

Selanjutnya, mari melangkah ke setiap halaman dan ubah teks sehingga relevan dengan webinar Anda.

Gambar 4

Ketika mengubah teks halaman, maka Anda dapat menggunakan ClickFunnels editor yang super mudah untuk Anda gunakan. Anda akan lebih cepat dan mudah untuk mengubah semua teks dan gambar.

Langkah 4: Pilih Waktu Webinar Otomatis

Kini pada webinar otomatis, seluruh fitur di ClickFunnels 2.0 terbatas hanya untuk 2 kali webinar setiap harinya yang Anda dapat tetapkan kapan waktu tayangnya. Ini tergantung pada Anda untuk menyesuaikan kapan waktu terbaiknya. Tentunya dengan ClickFunnels, Anda juga dapat melakukan webinar secara live pada tanggal dan waktu tertentu.

Register

Langkah 5: Setting Email Otomatis

Pada langkah terakhir, edit email otomatis yang nantinya dapat Anda kirimkan untuk para peserta webinar.

Terakhir

Jika Anda sudah mempunyai daftar email audiens yang sebelumnya telah melakukan sign-up ke webinar, maka Anda dapat menargetkan audiens yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa yang bisa Anda targetkan untuk email otomatis Anda:

  • Semua orang. Berarti, Anda dapat menargetkan untuk mengirimkan email ke semua orang yang mendaftar untuk webinar Anda.
  • Melewatkan webinar. Melalui namanya, email otomatis ini ditargetkan untuk orang yang mendaftar, namun tidak menghadiri webinar.
  • Menghadiri webinar, namun tidak melihat penawaran. Ini ditargetkan untuk orang-orang yang menghadiri webinar, namun tidak sampai melihat penawaran.
  • Melihat penawaran, namun tidak membeli. Ditargetkan untuk orang yang menghadiri webinar dan melihat langsung penawaran, namun tidak tertarik untuk membeli.
  • Membeli penawaran, Ini jelas untuk orang-orang yang telah membeli penawaran Anda.

Masing-masing target email otomatis di atas dapat dikirim pada berbagai waktu berbeda-beda berdasarkan tanggal dan waktu yang Anda inginkan. Jadi, Anda dapat melakukan schedule untuk mengirimkan email kepada semua orang sebelum webinar dimulai. Sekaligus, Anda dapat menargetkan orang-orang yang melihat tawaran, namun tidak membeli 2 hari setelah webinar.

ClickFunnels jika dibandingkan dengan platform kompetitor lain

Berdasarkan apa yang telah disinggung pada awal artikel, tentu terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ClickFunnels. Namun, bagaimana posisi ClickFunnels  jika dibandingkan dengan platform sejenis lainnya?

ClickFunnels vs Lead Pages

LeadPages memang memiliki beberapa template yang mengagumkan dan sistemnya berfungsi cukup stabil. Dukungan LeadPages juga sangat besar. Namun, mereka memiliki banyak customer, sehingga tidak cukup cepat untuk menangani masalah customer.

VS

Namun berdasarkan beberapa sumber, ClickFunnels memiliki editor yang lebih baik daripada LeadPages. Bahkan, ClickFunnels juga memiliki dukungan yang super cepat. Hal ini dikarenakan, platform ini masih tergolong baru dan mereka belum memiliki banyak pelanggan.

ClickFunnels benar-benar unggul dalam hal desain seluruh halaman. Sementara LeadPages, hanya memiliki template untuk webinar. Ya, hanya template. Cukup bagus, namun tidak terdapat fungsi khusus webinar apapun. Anda hanya dapat mendaftar dan menonton webinar.

Sedangkan kelebihan pada LeadPages adalah, mereka memiliki integrasi WordPress yang lebih baik dan bahkan, Anda dapat mendownload HTML secara mentah dan menempelkannya pada server Anda sendiri jika menginginkannya. LeadPages juga memiliki fitur lainnya seperti LeadBoxes yang dapat menambahkan jendela yang bagus pada halaman Anda.

Jika Anda ingin mengintegrasikan ClikFunnels dengan WordPress, satu-satunya cara yakni dengan menggunakan ‘iFrame’. Meskipun hal tersebut tidak benar-benar bekerja secara optimal dengan hal tersebut.

Juga, salah satu fitur yang benar-benar ampuh dari LeadPages dan berharap untuk ada di ClickFunnels adalah, kemampuan untuk menyortir template halaman setelah konversi.

Tentu, setiap platform mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal yang sama tentunya juga terdapat pada ClickFunnels. Meskipun begitu, dengan menggunakan platform ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu lebih lama untuk membuat satu halaman saja. Bagaimana, cukup menarik bukan pembahasan tentang ClickFunnels ini? Jika Anda mempunyai pengalaman dalam mengoperasikan sistem ClickFunnles, atau bahkan Anda ingin berdiskusi terkait dengan hal ini, maka Anda dapat mengisi kolom komentar di bawah ini.

Solusi Mudah Buat Landing Page dalam Hitungan Menit

“Temukan kemudahan membuat Landing Page dengan berbagai pilihan template menarik dan Anda dapat dengan mudah melakukan pelacakan konversi pada seluruh saluran penjualan Anda di ClickFunnels”

KLIK DI SINI untuk mulai membuat Landing Page Anda di ClickFunnels.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!