4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalankan Iklan Instagram

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalankan Iklan Instagram

Salah satu jaringan media sosial yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia, telah menawarkan peluang iklan untuk pemasar besar dan kecil.

Ya, Instagram meluncurkan platform untuk iklan pada 30 September 2015 yang lalu. Iklan Instagram adalah peluang bagi Anda untuk mengintegrasikannya ke dalam strategi sosial media marketing Anda.

Namun, sebelum Anda mulai membuat campaign iklan Instagram Anda, ada 4 hal yang perlu Anda ketahui.

1. Memahami Instagram

Digital marketer yang berpengalaman akan akrab dengan Instagram, media sosial yang popularitasnya meroket sejak pembelian senilai 1 milyar Dollar oleh Facebook sekitar 4 tahun lalu.

Sekarang, salah satu jaringan media sosial ini mempunyai 400 juta pengguna aktif, hal ini mendorong mereka ke peringkat atas di belakang raksasa industri ini yang juga bapak perusahaannya, Facebook.

Dibandingkan dengan pesaingnya, Instagram mempunyai audience yang relatif muda dengan 53 persen dari basis pengguna yang berumur 29 tahun ke bawah.

Dengan kata lain, Instagram menawarkan kesempatan untuk sebuah brand guna memperluas jangkauan mereka, mempromosikan produk dan jasa berbasis konsumen pada audience dengan rentang usia 30 tahunan.

Fakta selanjutnya, 32,5 persen dari perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat sekarang menggunakan Instagram untuk tujuan pemasaran.

eMarketer memperkirakan jumlah itu akan meningkat menjadi lebih dari 70 persen pada 2017, melebihi Twitter.

Ini adalah peluang besar bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda di Instagram.

2. Format iklan

Jika Anda sudah pernah menggunakan Instagram, Anda mungkin berpikir dari jaringan ini adalah album foto digital.

Dan hal tersebut seperti terlihat benar, berkat tata letak yang menekankan gambar dan banyak filter yang tersedia.

Instagram menawarkan kesempatan yang sempurna untuk sebuah brand guna memvisualisasikan imajinasi dan menyediakan foto-foto behind the scene dari kegiatan operasional brand mereka.

Namun, sekarang Instagram telah memasuki dunia periklanan dan dapat menawarkan jauh lebih banyak daripada 2 hal itu.

Saat ini, Instagram menawarkan tiga jenis iklan yaitu Iklan gambar, iklan video dan iklan carousel.

Mengigat bahwa platform ini dimiliki oleh Facebook, tidak mengejutkan bahwa ketiganya berkaitan erat dengan Facebook.

Iklan Gambar

Iklan ini serupa dengan Facebook Link Ads tetapi dengan penekanan berat pada aspek visual.

Mereka menawarkan pada sebuah brand kesempatan untuk menambahkan Call to Action (CTA) untuk iklan mereka.

Ini memungkinkan pengiklan untuk mendorong traffic ke website selain meningkatkan kesadaran suatu brand (brand awareness).

Instagram Ads

Iklan Carousel

Mirip dengan iklan gambar tapi menawarkan fungsi tambahan.

Iklan carousel bisa menampilkan gambar dan link iklan yang berbeda.

Anda dapat menambahkan beberapa gambar dalam satu set iklan, memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa gambar dan CTA dengan pilihan penargetan tunggal.

instagram-advertising-ad

Iklan Video

Dalam Iklan video Instagram Anda dapat menampilkan video berdurasi 30 detik untuk menyampaikan pesan Anda pada audience.

Namun, tombol CTA belum tersedia untuk jenis iklan ini.

Instagram untuk saat ini belum menawarkan optimasi konversi, namun mereka telah berjanji untuk menambahkan fitur tersebut dalam waktu dekat.

tumblr_inline_nmestjgbO81t6zq65_540

3. Integrasi Facebook

Yang menjadi hal favorit dari iklan Instagram adalah pengaturan yang diintegrasikan ke Facebook Power Editor.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan berbagai metode targeting canggih dari Platform sosial media terbesar di dunia.

Power Editor yang baru memungkinkan Anda membuat campaign iklan Instagram dan Facebook yang terintegrasi.

Hal tersebut menjamin Anda mencapai target audiens Anda melalui berbagai channel.

Ketika Facebook membeli Instagram pada tahun 2012, banyak pengguna dan marketer khawatir bahwa hal itu menjadi akhir dari kemerdekaan atau kebebasan Instagram itu sendiri.

142610768_8_1-1024x768

Namun tampaknya, integrasi dengan iklan Facebook  membuat kekhawatiran tersebut memudar.

Dan sepertinya para digital marketer malah mendapat lebih banyak manfaat daripada kerugian dari integrasi ini.

Sudah sekitar 4 bulan Iklan Instagram telah tersedia secara luas. Brand seperti Levi’s dan Starwood yang ambil bagian pada tes awal mengklaim bahwa mereka sukses dan juga cukup puas dengan ROI (Return of Investment) yang didapatkan.levis

4. Mengintegrasikan iklan Instagram ke sosial media marketing Anda

Peluncuran fitur iklan baru di salah satu media sosial yang tumbuh paling cepat di dunia ini, dapat membuat para pengiklan berbondong-bondong untuk mencoba platform ini.

Bahkan, DigitalMarketer.id juga sangat menyarankan Anda yang mempenyai bisnis online untuk menggunakan iklan Instagram ini.

Tapi ketika Anda menggunkan iklan Instagram, penting untuk mengintegrasikan kemampuan baru ini ke dalam strategi yang ada bukan hanya selalu berada di depan yang lainnya.

Untungnya, Instagram telah membuat integrasi yang mudah dan bekerja sempurna bersama iklan Facebook.

Tapi, itu tidak berarti Anda hanya harus menduplikasi strategi Anda sebelumnya. Sebaliknya, Anda harus mengembangkan iklan yang sesuai dalam strategi dan cocok untuk audience di Instagram.

Model bisnis yang dapat dengan mudah menampilkan aspek visual, seperti perusahaan multimedia dan fashion outlet, Instagram akan sangat cocok untuk audience mereka.

Namun bagi bisnis tidak mudah menampilkan produk mereka secara visual, mereka harus lebih kreatif dalam mengembangkan strategi iklan mereka di Instagram.

iklan Instagram bisa berjalan efektif  jika brand Anda banyak dikenal oleh audience atau user Instagram.

Jika brand Anda belum banyak dikenal, tidak efektif jika Anda langsung menjalankan iklan Instagram Anda.

Anda harus meningkatkan follower instagram untuk meningkatkan kesadaran brand Anda di Instagram. Jika Anda ingin meningkatkan follower Instagram Anda dengan cepat, DigitalMarketer.id telah mengemasnya dalam bentuk e-book yang sangat praktis untuk Anda pelajari dan semua itu dapat Anda dapatkan secara gratis.

Dengan menerapkan apa yang diajarkan di ebook ini secara mendetail, Anda dapat meningkatkan follower Instagram dengan cepat yang akan berimbas pada naiknya profit bisnis Anda >> Cara Praktis Tingkatkan Follower Instagram Anda dengan Cepat

JB-instagram1

 

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!