Cara Bisnis Online: 7 Tahapan untuk Memulainya dari Awal

Cara Bisnis Online: 7 Tahapan untuk Memulainya dari Awal

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online? Jika ya, maka Anda wajib mengetahui informasi-informasi terkait dengan cara untuk memulai bisnis online. Terlebih, jika Anda adalah pemula. Pasti banyak pertanyaan yang Anda bingungkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara bisnis online dengan memperhatikan langkah-langkah yang dapat membuat Anda sukses ketika memulai bisnis online.

Berikut adalah beberapa langkah yang membuat bisnis online ribuan orang tumbuh pesat dengan melakukan beberapa cara ini:

  • Menemukan kebutuhan dan mengisinya
  • Memanfaatkan copywriting untuk penjualan
  • Membangun situs website yang memberikan kesan dan mendesainnya dengan baik
  • Menggunakan search engine untuk mengarahkan traffic ke situs Anda
  • Membangun reputasi ahli untuk kepentingan bisnis online Anda
  • Menindaklanjuti customer dan subscribers dengan email
  • Meningkatkan penjualan dengan cara back-end sales dan upselling

Langkah-langkah di atas merupakan cara bisnis online yang dapat membuat Anda sukses dalam meraih keuntungan yang lebih banyak. Namun untuk memulainya dari awal, dibutuhkan kegigihan dan ketelatenan Anda demi membesarkan bisnis tersebut. Mari kita simak penjelasannya secara rinci dalam setiap langkah-langkah di atas.

1.) Menemukan Kebutuhan dan Mengisinya

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis online sering kali membuat kesalahan. Ya, kesalahan pertama yang dilakukan adalah, mereka terlalu bersemangat mencari produk yang akan dijual terlebih dahulu. Sebaliknya, mereka menomor duakan target pasar.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan, mulailah dengan pasar terlebih dahulu. Triknya adalah, dengan menemukan sekelompok orang yang mencari solusi untuk memecahkan masalah. Tapi, hal ini tidak mudah. Untuk itu, internet menjadi solusi dalam melakukan riset pasar semacam ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda melakukan riset pasar:

Gambar 1fix

  • Kunjungi forum online untuk melihat pertanyaan-pertanyaan untuk melihat sebuah masalah dan bagaimana mereka memecahkannya.
  • Melakukan survei penelitian kata kunci untuk menemukan keyword yang banyak dicari orang, namun dengan persaingan yang rendah.
  • Periksa pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka, dan identifikasi bagaimana cara yang mereka lakukan untuk mengisi permintaan. Dengan mempelajari hal tersebut, maka Anda dapat menemukan produk yang tepat, dengan target pasar yang sudah ada. Anda hanya harus melakukannya dengan lebih baik dari kompetitor Anda.

2.) Memaksimalkan Copywriting untuk Penjualan

Copywriting sendiri adalah proses menulis materi pemasaran atau menulis naskah iklan untuk kegiatan branding. Terdapat formula yang telah terbukti dalam melakukan aktivitas copywriting agar pengunjung merasa tertarik, hingga kemudian melakukan tindakan dengan membeli produk (konversi).  Berikut adalah caranya:

Testi Masuk

  • Membangkitkan minat dengan menggunakan judul yang menarik.
  • Menjelaskan bahwa produk yang Anda jual dapat memecahkan masalah.
  • Membangun kredibilitas Anda untuk meyakinkan bahwa produk Anda dapat memecahkan masalah
  • Menambah testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
  • Mendeskripsikan produk dengan jelas, sehingga hal tersebut dapat bermanfaat bagi konsumen.
  • Membuat kalimat-kalimat persuasif.
  • Membuat penekanan bahwa produk yang Anda jual sangat penting.
  • Meyakinkan bahwa produk Anda terjamin.

Hal tersebut merupakan cara bisnis online yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Intinya, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau layanan Anda sangat unik, sehingga dapat memecahkan masalah customer dan membuat hidup mereka lebih baik.

3.) Merancang dan Membangun Website Anda

Setelah Anda mempunyai pasar, produk, dan bagaimana memulai proses penjualan, maka saatnya bagi Anda untuk siap mendesain web untuk toko online Anda. Ingatlah untuk membuatnya secara sederhana. Begitu pengunjung masuk ke situs website Anda, maka Anda punya kurang dari lima detik untuk merebut perhatiannya. Sebaliknya, jika desain website Anda kurang menarik, maka pengunjung akan datang dan pergi tanpa memedulikan konten website Anda. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan:

Isi Website

  • Pilih salah satu atau dua plain font dengan latar belakang putih.
  • Membuat navigasi website Anda dengan jelas dan sederhana, dan membuatnya sama pada setiap halaman.
  • Gunakan grafis, audio, atau video untuk meningkatkan ketertarikan pengunjung website.
  • Tawaran opt-in, sehingga berguna untuk meningkatkan subscribers. Opt-in sendiri adalah form isian yang biasanya muncul di awal ketika Anda membuka website.
  • Website Anda merupakan toko online Sehingga, buatlah lebih ramah terhadap pengunjung yang akan menjadi customer Anda.

4.) Menggunakan Search Engine untuk Mengarahkan Pengunjung ke Situs Anda

PPC

Pay-Per-Click merupakan cara termudah untuk mendapatkan traffic ke situs baru. Hal ini memiliki dua keuntungan yang membuat traffic ke situs website Anda meningkat. Pertama, iklan PPC muncul pada halaman website Anda. Kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda. Hal ini dikarenakan, grup iklan PPC memiliki 10-20 kata kunci yang relevan dan saling terkait. Dengan kedua hal tersebut, maka tidak hanya akan meningkatkan traffic ke situs Anda, melainkan juga akan meningkatkan konversi penjualan produk. Dengan cara tersebut, selanjutnya Anda dapat mendistribusikan kata kunci pada seluruh situs website Anda. Sehingga, dengan cara tersebut, Anda dapat membantu menaikkan peringkat website dalam search engine.

5.) Membangun Reputasi Ahli untuk Kepentingan Bisnis Anda

Kebanyakan, orang menggunakan internet adalah dengan tujuan mencari informasi. Maka dari itu, jika Anda ingin bisnis online Anda dikenal oleh banyak orang, alangkah baiknya jika Anda menyediakan sebuah wadah online yang dapat mengedukasi banyak orang. Dengan demikian, Anda membuat satu lagi website yang berisi seputar informasi-informasi gratis. Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah penting membuat hal semacam ini? Tentu saja penting.

Soft Selling

Rahasianya adalah, dengan menyertakan link produk toko online ke dalam konten edukasi tersebut (soft selling). Dengan melakukan hal ini, maka akan meningkatkan jumlah traffic dan membuat peringkat situs Anda naik dalam mesin pencarian.  Berikut adalah poin-poin pentingnya:

  • Memberikan konten secara gratis. Misalnya, seperti membuat artikel, video, info grafik, dan hal-hal lainnya yang bertujuan untuk edukasi. Selanjutnya, sebar luaskan konten tersebut melalui direktori artikel online atau media sosial.
  • Buatkan menu ‘kirim ke teman’ atau ‘bagikan’ untuk menyebar luaskan konten pada website edukasi Anda.
  • Jadilah selayaknya seorang ahli yang aktif dalam forum-forum industri online dan situs jejaring sosial. Karena, dalam forum tersebut pasti ada target pasar yang sangat potensial.

 6.) Menggunakan Email untuk Alat Pemasaran, Mengubah Pengunjung Jadi Pembeli

Ketika Anda membuat sebuah opt-list. Maka, Anda telah membangun aset paling berharga untuk bisnis online Anda. Ini merupakan cara bisnis online yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan penjualan produk Anda. Dengan mengisi form pada opt-list, berarti pengunjung telah memberikan izin untuk mengirimkan mereka email. Artinya:

OPT IN Sip

  • Anda telah memberi mereka sesuatu yang telah mereka minta.
  • Anda sedang menjalin hubungan baik seumur hidup dengan mereka.
  • Mereka akan memberikan respons lebih tinggi.
  • Keunggulan email marketing adalah lebih murah dan efektif  dibandingkan dengan media cetak, TV, ataupun radio.

Siapapun yang mengunjungi situs Anda dan memilih untuk mengisi form opt-in merupakan pengunjung yang potensial. Untuk itu, tinggal bagaimana Anda memberikan informasi terkait dengan email yang Anda kirimkan untuk subscribers.

7.) Meningkatkan Penghasilan Melalui Back-end sales dan Upselling

Salah satu cara bisnis online yang paling penting untuk Anda ketahui  adalah, dengan menerapkan beberapa strategi pemasaran. Misalnya, dengan menggunakan teknik Back-end sales dan Upselling. Teknik ini digunakan, karena 36% orang-orang yang pernah melakukan transaksi pembelian produk, besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian kembali jika memang pelayanan toko online Anda bagus.

Back-end sales sendiri adalah produk yang ditawarkan setelah pembelian pertama. Penawaran ini bisa saja seminggu atau sebulan setelah pembelian. Biasanya, penawaran ini dilakukan melalui email, sms atau telepon. Sedangkan Upselling sendiri adalah, menawarkan produk tambahan kepada pembeli, sebelum pembeli melakukan pembayaran. Hal ini bisa Anda temui ketika Anda di mini market, ketika akan membayar belanjaan di kasir. Untuk mendukung teknik ini, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan agar customer kembali lagi membeli produk Anda:

E-Kupon

  • Menawarkan produk yang dapat melengkapi belanjaan mereka.
  • Memberikan kupon elektronik dapat membuat mereka tertarik dan belanja kembali.
  • Menawarkan produk-produk lain pada halaman ‘Terima Kasih’ website, setelah customer melakukan pembelian.

Banyaknya seseorang yang gagal dalam memulai bisnis online adalah, mereka tidak melakukan perencanaan dengan matang. Untuk itu, poin-poin di atas adalah cara bisnis online yang dapat membantu Anda memulaianya dari awal. (gie)

 

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!