5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda

Apakah Anda berjuang untuk menentukan Return Of Investment (ROI) yang akurat dalam social media marketing Anda? ROI sosial media memang cukup sulit untuk dihitung.

Ingin tahu kampanye media sosial mana yang paling menguntungkan dari bisnis Anda?

Sosial media kini sudah menjadi salah satu channel pemasaran yang sejajar dengan media cetak dan elektronik.

Dengan demikian, sosial media kini harus memiliki standar yang sama dengan channel bisnis lain. Untuk itu ROI sosial media sekarang harus memiliki kontribusi bagi bisnis Anda.

Untuk membuktikan bahwa investasi pada sosial media benar-benar bermanfaat, Anda harus mengukur bagaimana sosial media mempengaruhi setiap interaksi dengan klien bisnis Anda.

Sangat penting untuk mengetahui apakah uang yang telah Anda investasikan ke dalam social media marketing Anda telah memberikan pengembalian yang layak.

Pada artikel ini, Anda akan menemukan 5 tool untuk membantu Anda secara akurat dan benar-benar mengukur ROI sosial media Anda .

Lima tool berikut ini untuk membantu Anda mengukur ROI media sosial Anda.

TOOL menghitung ROI sosial media

# 1: Kissmetrics

Kissmetrics adalah platform analisis yang dirancang untuk mengoptimalkan keberhasilan pemasaran dan ROI. Tool Ini memungkinkan Anda melacak individu, kelompok individu yang sama, dan pengguna Anda secara keseluruhan selama kunjungan mereka ke website Anda .

Orang dilacak secara anonim pada kunjungan pertama, selanjutnya melalui beberapa kunjungan dan konversi, dan bahkan setelah mereka meninggalkan dan kembali.

Ini adalah tool yang hebat untuk mengevaluasi perilaku customer dan ROI.

ROI Sosial Media

Anda dapat membuat grup dari orang-orang yang mengambil tindakan tertentu dan mengevaluasi perilaku mereka di website Anda.

Fitur  yang stand-out dari Kissmetrics adalah hal itu mencatat ketika pengguna meninggalkan website dan kembali, dan apa yang mereka lakukan ketika mereka kembali.

Anda dapat melacak ROI yang berasal dari Facebook, LinkedIn, Twitter, atau website apapun , dan atribut konversi ke saluran media sosial yang benar, yang memungkinkan Anda untuk melacak seluruh siklus customer Anda lebih akurat.

Hal ini, pada gilirannya, akan memberikan informasi berharga tentang ROI, dan memungkinkan Anda melihat sumber iklan mana yang benar-benar bekerja dan mengkonversi.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 2

Kissmetrics mempunyai pelaporan rinci tentang pendapatan yang memberitahu Anda nilai perkiraan Customer Lifetime Value Anda, total pendapatan dapat diatur dalam jangka waktu tertentu, dan rata-rata churn rate harian.

Free Trial dari Kissmetrics tersedia saat pertama kali mendaftar. Setelah itu, paln tau paketnya mulai dari $ 120 per bulan. laporan A / B Testing tersedia pada Power Plan, yang saat ini $ 600 per bulan.

# 2: Customer Lifetime Value Calculator

Sementara banyak kampanye media sosial memprioritaskan penjualan atau pada platform keterlibatan (engagement), media sosial sering digunakan untuk terhubung dengan audience baru dan menghasilkan lead yang baru .

Jika itu tujuan Anda, itu ide yang baik untuk menghitung perkiraan customer lifetime value (CLV) Anda.

Customer Lifetime Value adalah keuntungan yang diperoleh dari seorang customer sepanjang periode hubungan dengan perusahaan atau bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan Kalkulator Customer Lifetime Value untuk mengetahui tidak hanya apa petunjuk baru adalah biaya Anda, tetapi juga apakah itu layak.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 3

Jika Anda sedang mencari tool yang menyediakan perkiraan yang sangat cepat dari nilai customer Anda, fitur bernama Kalkulator Customer Lifetime Value ini bisa menjadi tool yang sempurna.

Dengan tool ini, Anda dapat membuat CLV untuk masing-masing kelompok customer yang berbeda.

Misalnya, sebuah toko perhiasan dapat menghitung nilai customer yang menghasilkan keuntungan yang besar, satu kali, pembelian yang bernilai tinggi seperti cincin pernikahan, serta customer yang membeli gelang yang jauh lebih murah, tapi yang datang kembali rata-rata enam kali untuk menambah koleksi gelangnya.

Dengan mengetahui sebuah CLV diperkirakan, Anda dapat dengan cepat menentukan berapa banyak Anda bersedia untuk mengalokasikan anggaran pada lead generation atau kampanye untuk menghasilkan engagement di media sosial.

Tool Customer Lifetime Value ini gratis dan cepat.

# 3: RJ Metrics ‘Cloud BI

Untuk analisis lebih mendalam dari CLV, cobalah RJ Metrics ‘ CloudBI sebagai salah satu tool Mengukur ROI Social Media. Tool ini tidak hanya secara otomatis menghitung CLV, bahkan akan menjabarkan CLV lebih dalam untuk menunjukkan saluran media sosial mana yang menghasilkan paling banyak Customer.

RJ Metrics juga menawarkan fitur luar biasa seperti analisis churn yang memberikan wawasan (insight) perilaku customer Anda, dan analisis tentang marketing ROI karena berkaitan dengan biaya akuisisi customer (customer acquisition cost).

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 4

RJ Metrics dapat membantu menentukan perilaku customer, sebuah CLV akurat, dan ROI.

Selain itu, RJ Metrics akan menunjukkan keseluruhan nilai berdasarkan sumber akuisisi dan profitabilitas pesanan ulang dari sumber yang berbeda. Ini akan membantu Anda memutuskan mana platform iklan di media sosial yang bekerja untuk Anda dan yang layak untuk terus berinvestasi.

Anda bahkan dapat memiliki laporan yang dikirim kepada Anda secara teratur.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 5

CLV merupakan metrik penting saat menentukan ROI akurat untuk lead generation dan kampanye media sosial.

# 4: Cyfe

Cyfe adalah tool pelaporan all-in-one yang menyediakan jumlah informasi yang sangat banyak tentang bagaimana konten Anda dibagikan di media sosial dan dampak pada ROI Anda secara keseluruhan.

Anda dapat menggunakan widget untuk membuat beberapa dashboard yang disesuaikan di mana Anda dapat melihat laporan pada iklan Facebook, engagement Twitter, order Shopify dan penjualan, atau Google Analytics

Kategori widget yang dapat dipilih termasuk iklan, blogging, pelacakan email, media sosial, dan banyak lagi.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 6

Ada banyak widget berbeda, memberikan informasi yang sangat berbeda dan dapat Anda pilih untuk ditambahkan dashboard. Widget-widget tersebut memberikan Anda semua informasi yang Anda butuhkan dalam satu tempat.

Cyfe memiliki beberapa fitur pelacakan sosial benar-benar menarik, dikombinasikan dengan ROI rinci dan analisis pelaporan, seperti Twitter mereka Mention widget.

Dengan fitur ini, Anda dapat melacak jumlah Twitter menyebutkan pada kata kunci tertentu atau hashtag .

Jika Anda menjalankan sebuah kontes misalnya, Anda dapat melacak hashtag yang ditunjuk untuk melihat seberapa jauh jangkauan dan berapa banyak orang berpartisipasi.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 7

Widget Mention Twitter dan search menunjukan mention hashtag terbaru.

Anda dapat melacak penjualan, faktur, mention sosial media, kunjungan ke website Anda, dan biaya dengan cepat dan mudah.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 8

Selain pelaporan ROI, Cyfe memiliki widget yang memberikan informasi rinci tentang keterlibatan media sosial Anda, termasuk klik ke website Anda. Dengan semua informasi yang diberikan, Anda dapat melihat untuk menghubungkan tren di ROI.

Cyfe dapat free trial, dengan premium plan seharga hanya $ 19 per bulan (atau $ 14 per bulan jika dibayar setiap tahun). Catatan: premium menawarkan unlimited segalanya, termasuk dashboard, widget, dan kustomisasi.

# 5: Google Analytics

Google Analytics memungkinkan Anda untuk melihat dari mana traffic datang dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, termasuk pengunjung yang datang dari sosial media.

Anda dapat melacak respon terhadap kampanye sosial yang berbeda dan melihat mana yang lebih sukses dalam menggerakkan pengguna ke dan di seluruh website Anda, serta pelacakan konversi tertentu.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 9

Di bawah bagian Sosial, Google Analytics memberitahu Anda berapa banyak traffic datang dari website sosial media dan dari sosial media mana mereka berasal.

Hampir semua website sosial  media utama menyediakan analisis on-platform yang memberitahu Anda berapa banyak pengguna yang meng-klik ke website Anda atau berapa banyak konversi iklan yang dihasilkan.

Namun, Anda harus tetap melacak aktivitas sosial media, termasuk kampanye iklan, dengan Google Analytics .

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih lengkap dan akurat dari ROI sosial media, Anda dapat menggunakan bagian Social Analytics untuk menetapkan tujuan dan mengukur nilai referral sosial yang datang ke website Anda.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 10

Anda dapat menetapkan tujuan yang dapat mengukur beberapa jenis tindakan, seperti berapa lama page dilihat atau video dimainkan.

Selain itu, Google Analytics memungkinkan Anda melacak konversi dengan mengambil seluruh siklus pembelian menjadi pertimbangan, sehingga Anda dapat melihat halaman yang membantu memicu konversi atau kampanye mana yang bekerja.

Google Analytics memberikan wawasan berharga dari saluran sosial media (dan platform iklan) mana yang mengirimkan sebagian besar traffic (dan yang paling relevan). Sebagai bonus tambahan, itu gratis dan mudah untuk mengaturnya di website Anda.

Bonus: On-Platform Analytics

Tidak semua ROI adalah murni tentang keuangan atau finansial.  ROI Sosial media sering didefinisikan sebagai keterlibatan dan hubungan yang dibangun dengan customer Anda di media sosial.

Seiring waktu, ini bisa menumpuk menjadi keterlibatan yang tinggi, yang mengarah ke bukti sosial yang tinggi, yang dapat menangkap perhatian pengguna baru dan menciptakan customer baru.

Hal ini juga akan meningkatkan loyalitas dan hubungan customer Anda.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 11

Facebook insight menunjukkan jumlah klik, views, like, komentar, dan share yang Anda terima pada setiap posting, serta feedback negatif yang Anda terima, yang semuanya metrik penting untuk dipantau.

Ketika datang ke ROI sosial media (dan bahkan ROI keuangan, dalam beberapa kasus), tool analisis dari setiap website sosial media memberikan informasi berharga tentang keterlibatan yang terjadi pada setiap posting Anda, termasuk klik ke website Anda, share, untuk membayar kampanye iklan, dan pelacakan konversi.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 12

Analytics twitter dapat menunjukkan keterlibatan Anda di Twitter dan bagaimana perubahannya dari bulan sebelumnya.

On-site analytics saat ini disediakan oleh platform berikut: Facebook Insights , Pinterest Analytics , Twitter Analytics , dan YouTube Analytics . Segera, fitur instagram untuk bisnis yang juga mempunyai fitur instagram analytic akan segera muncul.

5 Tool untuk Menghitung ROI Sosial Media Anda 13

YouTube Analytics memberikan informasi tentang rata-rata durasi melihat video, jumlah tampilan, dan estimasi pendapatan yang berasal dari views video Anda.

Melacak bukti sosial dan keterlibatan merupakan bagian penting dari pengukuran ROI sosial media Anda.

Setelah semua itu, jika Anda dapat menjalankan kampanye yang dirancang murni untuk mendapatkan keterlibatan pada sebuah posting (atau jika Anda membayar ahli sosial media untuk terus membuat konten), Anda perlu menentukan ROI sosial media yang hasilnya layak dengan yang telah Anda investasikan.

Kesimpulan

Mengukur dan konsisten mengevaluasi ROI sosial media akan menjadi hal yang cukup merepotkan jika tidak menggunakan tool seperti lima tool di atas.

Untuk menghitung ROI sosial media paling akurat, Anda masih perlu menambahkan semua faktor yang diperlukan dan Anggarannya.

Ini mencakup jumlah yang Anda bayar untuk kampanye, pada tool media sosial (termasuk kontes, analisis, dan tool scheduler), dan biaya menggunakan spesialis sosial media Anda untuk membuat konten.

Pastikan untuk mempertimbangkan biaya dan faktor lainnya di mana memang diperlukan. Software dan tool-tool yang tercantum di atas dapat membantu Anda melakukan sisanya, dan memberikan penilaian yang akurat dari ROI sosial media sejati Anda.

Bagaimana Anda mengukur ROI? Faktor dan biaya apa saja yang Anda gunakan sebagai pertimbangan? Tool mana yang telah Anda gunakan? Silakan berbagi pengalaman Anda, pengetahuan, bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

 

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!