Cara Beriklan di Instagram yang Menarik Para Pengguna

beriklan di Instagram

Apakah Anda Sudah pernah beriklan di Instagram Anda?

Instagram telah meluncurkan beberapa fitur yang menarik untuk membantu Anda yang beriklan di instagram, menarik perhatian para pengguna dan mengarahkan traffic.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan empat fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan Instagram yang menonjol.

Namun sebelumnya, Anda bisa menyimak artikel berikut ini untuk mengetahui tentang iklan Instagram dan mempelajari cara beriklan di Instagram:

Jika Anda sudah menyimak dan memahami cara beriklan di Instagram, Anda bisa mempelajari empat fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan Instagram berikut ini.

Download Ebook Instagram Gratis

# 1: Drive Traffic ke Website Anda

Sampai saat ini, iklan Instagram hanya mendukung tujuan dari instal aplikasi seluler,  video, dan menghasilkan engagement. Sekarang Anda dapat memilih dua tujuan iklan tambahan: Klik Website dan Konversi Website .

Fitur ini telah mampu mengirim pengguna ke sebuah website dari tiap posting, bukan hanya melalui link profil saja. Fitur tersebut dapat membuat Instagram sebagai tool penjualan yang kuat.

beriklan di Instagram

Tujuan untuk iklan Instagram baru memungkinkan Anda untuk mengarahkan para pengguna dari Instagram ke website Anda.

Anda dapat menggunakan kedua fitur tersebut di foto, video, dan iklan carousel , sehingga Anda dapat menggunakan setiap jenis format iklan baik untuk klik website dan konversi website.

Audience yang Anda targetkan akan melihat iklan sponsored dengan gambar, deskripsi, dan tombol CTA yang dapat diklik, akan membawa mereka ke website Anda. Tombol CTA tersebut sama seperti di Facebook, Book Now, Contact Us, Shop Now, and Learn More.

Untuk membuat iklan tersebut, pilih salah satu Send People to Your Website atau Increase Website Conversion (meningkatkan konversi website) untuk tujuan Anda.

beriklan di Instagram

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan pixel untuk campaign Anda. Jika Anda memilih meningkatkan konversi website sebagai tujuan, Anda akan diminta untuk memilih jenis konversi yang ingin Anda optimalkan.

beriklan di Instagram

Ads Manager akan meminta Anda untuk memilih jenis konversi untuk mengoptimalkan dan melacak pixel tersebut.

Selanjutnya, Anda membuat iklan seperti biasa, dan pastikan bahwa Anda memilih CTA yang tepat. CTA adalah satu-satunya bagian yang dapat diklik dari iklan Instagram,sehingga perlu menarik dan sesuai penawaran Anda.

beriklan di Instagram

# 2: Beriklan di Instagram dengan Gambar Landscape yang menonjol

Sebelumnya, foto dan video yang Anda bagikan di Instagram harus Anda crop ke dalam format persegi. Sementara opsi tersebut masih tersedia, Anda sekarang juga dapat menggunakan format landscape ataupun portrait.

Format ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar Anda lebih tinggi atau lebih lebar dari format persegi yang sebelumnya. Ini akan memberikan Anda lebih banyak pilihan mengedit ukuran untuk memastikan gambar Anda bisa menyampaikan nilai yang Anda maksud.Plus, format yang tidak biasa juga bisa membantu posting foto Anda terlihat menonjol di Instagram feed.

Saat membuat iklan Instagram, Anda memilih format gambar Anda di bagian kreatif .Setelah Anda meng-upload atau pilih gambar Anda, Anda akan melihat opsi untuk Instagram feed tersebut.

beriklan di Instagram

Klik pada tombol abu-abu melingkar untuk memotong (crop) gambar Anda.

Ketika Anda klik tombol abu-abu dan pilih Instagram,  memberikan dua pilihan untuk cropping gambar Anda. Klik original untuk croop gambar tersebut untuk berdasarkan format asli gambar tersebut (landscape atau portrait), atau klik Square untuk bentuk persegi di feed Instagram nanti.

beriklan di Instagram

Klik salah satu opsi di bagian bawah.

Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat bagaimana berbagai pilihan tampilan mempengaruhi iklan yang pengguna lihat dalam feed mereka.

beriklan di Instagram

Gambar ini menunjukkan bagaimana berbagai gambar yang dipotong dapat melihat.

Perlu diingat bahwa iklan Carousel saat ini hanya tersedia dalam format persegi.

Download Ebook Instagram Gratis

# 3: Bercerita Dengan Iklan Carousel

Untuk membuat iklan carousel di Instagram, Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda ke Facebook. Hal ini mudah dilakukan jika Anda belum melakukannya.

Iklan carousel facebook yang sering digunakan  juga tersedia untuk iklan Instagram. Beberapa bisnis biasanya menggunakan iklan carousel Facebook untuk menampilkan beberapa produk atau manfaat suatu produk dalam satu iklan.

beriklan di Instagram

Hal itu adalah upaya untuk meningkatkan penjualan. Namun, salah satu penggunaan terbaik untuk iklan carousel Instagram adalah dengan bercerita.

Meskipun Instagram dapat digunakan sebagai platform untuk “jualan,”  kebanyakan bisnis menggunakannya lebih sering untuk membuat pengguna berinteraksi dengan brand bisnis tersebut, membangun hubungan merek, dan meningkatkan follower. Bercerita melalui beberapa gambar dapat membantu Anda mencapai semua tujuan yang tadi.

Menceritakan sebuah cerita dengan beberapa gambar di iklan carousel Instagram.

Anda dapat membuat iklan carousel di halaman kreatif dari pengaturan iklan. Setelah, Anda sampai ke halaman kreatif,  Anda dapat memilih satu gambar, video, atau beberapa gambar dalam satu iklan. Untuk iklan carousel, pilih beberapa gambar di salah satu pilihan iklan.

beriklan di Instagram

Pilih Beberapa Gambar dalam Satu Iklan untuk membuat iklan carousel.

Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan Instagram penempatan iklan korsel . Ketika Anda membawa lebih dari preview iklan, Anda mungkin melihat pesan yang penempatan iklan Instagram dinonaktifkan. Hanya klik tombol Add pada tab Instagram untuk mengaktifkannya.

Anda harus mengatur penempatan iklan Instagram sebelum Anda dapat membuat iklan Instagram.

beriklan di Instagram

Berikutnya, di sebelah kiri, scroll ke bawah ke bagian berlabel Gambar dan Link. Ini adalah di mana Anda dapat meng-upload gambar dan mengatur headline dan deskripsi.

Pastikan Anda klik tombol Crop gambar untuk setiap gambar sehingga akan dipotong secara otomatis untuk menyesuaikan dimensi Instagram ini. Jika Anda tidak, ada kesempatan baik Anda hanya akan mendapatkan pesan error ketika melihat penempatan iklan Instagram Anda.

beriklan di Instagram

Crop gambar Anda sehingga bisa cocok dengan dimensi iklan Instagram yang diperlukan.

Setelah Anda membuat iklan Anda, preview dan pastikan itu terlihat seperti yang Anda inginkan sebelum Anda mengirimkannya. Instagram adalah, setelah semua, platform yang sangat visual.

# 4: Menarik Pengguna dengan Iklan Video

Sebelumnya beriklan di Instagram mulai hanya dengan gambar sponsored, sekarang dapat menggunakan “sponsored” video.

Iklan video Instagram yang paling berhasil ketika Anda menggunakan tidak lebih dari satu filter seluruh video bunga dan menangkap pemirsa ‘dalam beberapa detik pertama. Jika Anda tidak, pengguna akan tetap scroll di news feed.

iklan Instagram bisa sampai 60 detik panjangnya. spesifikasi video yang direkomendasikan lainnya meliputi:

  • Format MOV atau MP4
  • Resolusi minimal 720
  • Aspek rasio layar 16:9

Untuk membuat iklan video Instagram, Anda dapat memilih dari berbagai goal atau tujuan yang diingnkan. Untuk tetap sederhana, mari kita lihat tujuan Video Views.

Ketika Anda memilih video untuk bagian visual iklan, Anda akan diminta untuk meng-upload video Anda, atau meng-upload beberapa gambar untuk membuat video slideshow. Video slideshow ini adalah fitur baru.

beriklan di Instagram

Anda dapat membuat slideshow gambar untuk menjalankan iklan video baik di Facebook dan Instagram.

Setelah Anda memilih video Anda, pilih gambar yang ingin ditampilkan saat video tidak bermain (sebelum dimulai video dan setelah itu berakhir). Anda juga dapat meng-upload file dengan format SRT untuk teks videonya.

beriklan di Instagram

Pilih thumbnail dan tambahkan teks ke video Anda.

Dimensi video yang Anda upload adalah hal penting. Jika video Anda tidak cocokpada  dimensi Instagram ini, Ads manager akan menginstruksikan Anda untuk mengubahnya.

beriklan di Instagram

Ads Manager akan memberitahu Anda jika video Anda tidak memenuhi dimensi yang diperlukan untuk beriklan di Instagram.

Pastikan untuk melihat atau preview video sebelum Anda menjalankan iklan, dan memperbarui teks jika diperlukan.

Download Ebook Instagram Gratis

Kesimpulan

Instagram iklan, yang di launching akhir tahun lalu, telah sangat populer dengan bisnis dan pemasar. Instagram telah menambahkan fitur baru sejak rilis, tapi tidak seperti iklan Facebook, beberapa fitur tersebut telah di launching namun tidak ada.

Keempat fitur iklan Instagram tersebut tidak akan berlaku untuk setiap kampanye, tetapi mereka dapat membantu kampanye iklan Anda yang tepat dan memperluas jenis iklan yang dapat Anda jalankan.

Apa yang kamu pikirkan? Apakah Anda menggunakan salah satu fitur ini pada iklan Instagram? Jenis iklan Instagram apa yang akan Anda jalankan? Anda bisa berbagi pengalaman Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Download Ebook Instagram Gratis

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!