Menggunakan Tool Facebook Audience Overlap Sebagai Cara Beriklan di Facebook

Cara Beriklan di Facebook

Facebook diam-diam meluncurkan tool baru yang memiliki potensi yang cukup berguna bagi marketer yaitu Audience overlap, Anda bisa menggunakan tool ini sebagai salah satu cara beriklan di facebook.

Mari kita cari tahu lebih dalam apa itu Facebook Audience Overlap dan bagaimana memanfaatkannya.

Facebook memungkinkan marketer untuk membandingkan dua audience menggunakan Audience Overlap.

Apa itu Audience Overlap?

Audience Overlap memungkinkan pengiklan untuk mengambil dua atau lebih audience (hingga lima) dan menemukan persentase “tumpang tindih” (overlap) antara mereka. Dengan kata lain, berapa banyak pengguna yang berada di audience A dan juga di audience B?

Audience seperti apa yang dapat Anda bandingkan?

Jenis audience yang memenuhi syarat untuk perbandingan adalah:

Anda dapat membandingkan seluruh jenis audience, yang berarti bahwa Anda dapat membandingkan custom audience dengan custom audience lainnya, atau Anda bisa membandingkan custom audience dengan lookalike audience atau saved audience.

Keterbatasan Facebook Audience Overlap

Keterbatasan utama adalah dalam kelompok audience tersebut setidaknya memiliki 1.000 orang untuk memenuhi syarat perbandingan dengan audience overlap.

Jika Anda mencoba untuk membandingkan dengan audience lebih kecil, Anda akan mendapatkan pesan berikut:

“To protect the privacy of people on Facebook, we don’t share data for audiences of fewer than 1,000 people.”

(“Untuk melindungi privasi orang-orang di Facebook, kita tidak berbagi data untuk audience yang kurang dari 1.000 orang.”)

Pembatasan privasi ini konsisten dengan apa yang bisa dilihat di Facebook Audience Insight.

Keterbatasan lainnya adalah jenis audience yang tersedia untuk perbandingan hanya custom audience, lookalike audience, dan saved audience. Tanpa ketertarikan (interest), tanpa perilaku (behaviour), tanpa fans sebuah page.

Tapi kuncinya di sini adalah dengan saved audience. Anda dapat membuat saved audience yang mencakup satu interest, atau Anda bisa membuat saved audience yang mencakup kombinasi dari interest, behaviour, page connection atau apa pun yang Anda inginkan.

Menggunakan Facebook Audience Overlap Sebagai Salah Satu Cara Beriklan di Facebook

Jika Anda memiliki audience overlap, Anda dapat mengaksesnya baik dari Facebook Ads Manager atau Power Editor.

Dari Ads Manager, klik menu “Tools” dan pilih “Audiences.”

Cara Beriklan di Facebook

Dari Power Editor, klik pada menu “Audiences”.

Cara Beriklan di Facebook

Selanjutnya Anda akan melihat halaman seperti ini.

Cara Beriklan di Facebook

Pilih dua atau lebih audience (maksimal lima) yang ingin Anda bandingkan dengan mengklik kotak centang di sebelah kiri. Kemudian klik “Action”  dan pilih “Show Audience Overlap.”

Audience pertama yang dipilih akan menjadi audience utama yang dibandingkan dengan yang lain. Anda akan melihat diagram ven yang membandingkan irisan dua lingkaran (overlap), dengan audience utama ditampilkan di bagian atas.

Cara Beriklan di Facebook

Anda dapat mengubah audience utama dengan mengklik menu drop-down di bagian kanan atas.

Cara Beriklan di Facebook

Anda dapat menghapus audience dari perbandingan dengan mengklik dari audience dan tidak mencentang kotak atau hanya mengklik “X” di sebelah kanan.

Cara Beriklan di Facebook

Tambah lebih banyak audience untuk perbandingan, dengan keluar dari audience overlap lalu centang lebih banyak audience, atau klik “Show Add Another Audience”…

Cara Beriklan di Facebook

Dan masukkan atau pilih nama audience yang ingin Anda tambahkan.

Cara Beriklan di Facebook

Cara Memanfaatkan Audience Overlap

Ada beberapa cara bagi pengiklan yang mungkin ingin menggunakan audience overlap.

1. Tentukan apakah Anda harus menargetkan audience tertentu. Sebagai contohnya Jonloomer menargetkan empat interest berikut:

  • Social Media Examiner
  • Mari Smith
  • Amy Porterfield
  • Facebook for Business

Apakah itu penargetan yang bagus? Nah, cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencari overlap antara interest dan fans Facebook. Jonloomer melakukannya dengan membuat lima saved audience, satu untuk fansnya dan yang lain untuk setiap interest.

Cara Beriklan di Facebook

Bisa dilihat di atas, sebanyak 53% audience jonloomer mempunyai ketertarikan (interest) dengan Amy Poterfield. 27% audience Jonloomer juga tertarik dengan Mari Smith.

Atau, Anda bisa menemukan overlap antara beberapa interest tersebut dengan pengunjung sebuah website. Contohnya berikut ini:

Cara Beriklan di Facebook

Overlap sekarang jauh lebih sedikit. Audience Jonloomer yang tertarik dengan Amy Porterfield sebanyak 7% dari pengunjung websitenya.

Contoh di atas bisa Anda implementasikan jika Anda menggunakan Facebook Audience Overlap. Data tersebut bisa Anda pakai untuk riset target market atau audience guna menyempurnakan strategi facebook marketing Anda dan cara beriklan di facebook Anda.

2. Membuat suatu “Audience khusus” untuk penargetan. Selain hanya menemukan satu audience untuk ditarget, Anda bisa membuat “Audience Khusus.” Anda bisa melakukan langkah pada contoh sebelumnya tadi berulang kali, dengan interest dan perilaku (behavior) lainnya untuk menemukan satu saved audience yang mirip dengan audience ideal Anda, dan potensial untuk Anda target selanjutnya.

3. Mencari data Facebook fans Anda. Berapa banyak Facebook fans Anda mengunjungi situs web Anda? Berapa banyak rahasia?

Kita bisa menemukannya dengan audience overlap. Untuk melakukan hal ini, pertama kali buat saved audience dengan banyak opt-in dan produk yang Anda bisa (baik Website Custom Audiences maupun Email). Kemudian bandingkan dengan saved audience untuk fans Facebook  Anda. Contohnya seperti berikut ini.

Cara Beriklan di Facebook

Giliran Anda

Anda bisa menggunakan Facebook Audience Overlap untuk riset target market atau audience guna menyempurnakan strategi facebook marketing Anda. Anda juga bisa menggunakan kreativitas Anda dalam menemukan cara yang pas dalam menggunakan Facebook Audience Overlap.

Anda bisa berbagai pendapat tentang Facebook Audience Overlap sebagai salah satu cara beriklan di Facebook bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!