6 Aplikasi Smartphone Gratis untuk Meningkatkan Aktivitas Pemasaran Anda!

aplikasi smartphone untuk bisnis

Perkembangan teknologi selalu saja memunculkan hal baru yang menarik untuk terus diikuti. Terlebih, sekarang ini banyak orang telah memegang smartphone ataupun gadget canggih. Selain untuk berselancar di media sosial, smartphone juga sangat berguna untuk kepentingan bisnis online Anda.

Ya, hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui aplikasi penunjang untuk melancarkan bisnis tersebut. Lalu, apakah Anda menginginkan beberapa aplikasi keren yang dapat digunakan pada smartphone sebagai strategi untuk pemasaran Anda? Tentunya dengan aplikasi-aplikasi tersebut, maka dapat membantu Anda mengatur aktivitas media sosial untuk keperluan bisnis meski di waktu sibuk sekalipun.

Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut adalah 6 aplikasi smartphone gratis untuk menunjang bisnis online Anda agar tetap aktif di media sosial.

#1: Google Current

Apakah Anda selalu berpikir untuk menemukan ide-ide keren untuk mem-posting  sesuatu ke media sosial? Untungnya, terdapat cara mudah bagi Anda untuk menemukan content melalui Google Current.

Aplikasi Google Current akan mengubah tampilan web menjadi layaknya sebuah majalah yang bisa dibolak-balik halamannya untuk berpindah dari page satu ke page yang lainnya. Cara menggunakannya cukup simpel. Anda hanya perlu memilih website penyedia konten informasi (berita/ artikel) favorit yang telah di list dan disediakan oleh Google. Selanjutnya, Anda dapat memilih konten berdasarkan kategori yang Anda inginkan.

Gunakan Google Current untuk menemukan konten dan berbagi ke berbagai jaringan di media sosial.
Gunakan Google Current untuk menemukan konten dan berbagi  ke berbagai jaringan media sosial.

Hal ini sangat bermanfaat, karena sebagian besar pengguna media sosial cenderung akan memperhatikan posting-an yang populer. Anda dapat memulai diskusi dengan komunitas online Anda dengan topik yang sedang tren saat itu. Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk berbagi link ke jaringan sosial Anda atau bahkan Anda dapat memberi pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang sedang tren dengan menemukannya di Google Current.

Menggunakan Google Current akan memudahkan Anda dalam menghemat waktu untuk mencari konten yang tepat dan memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi dengan pengguna media sosial terkait dengan topik yang menarik.

#2: Flipboard

Flipboard sendiri adalah aplikasi utama yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari sebuah content. Hal ini mirip dengan Google Current yang membantu Anda memilih informasi untuk mencari konten yang tepat.

Perbedaannya adalah, Flipboard tidak hanya memungkinkan Anda untuk berbagi dan menghubungkan ke jaringan media sosial. Melainkan, juga memungkinkan Anda untuk melihat apa yang terjadi pada situs sosial yang terhubung. Dengan demikian, Apapun yang diunggah ke jaringan media sosial, baik melalui akun Anda ataupun teman-teman Anda, semuanya dapat dibaca dengan mudah, termasuk berita maupun foto-foto. Misalkan, Anda ingin membaca berita lebih lengkap, maka Anda tinggal klik, dan website asli pun akan muncul.Sehingga, akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi melalui aplikasi ini.

Dengan Aplikasi Flipboard,  dengan mudah dapat menemukan konten yang Anda inginkan.
Aplikasi Flipboard mampu dengan mudah dapat menemukan konten yang Anda inginkan.

Bahkan melalui Flipboard, Anda dapat menghubungkan Linkedln, Twitter, Tumblr, Google+, Facebook, dan setiap blog atau website pribadi Anda. Di sini, Anda dapat dengan cepat menemukan, mengatur dan berbagi content, sekaligus berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya tanpa harus meninggalkan Flipboard.

Tentunya, hal ini akan sangat berguna bagi bisnis Anda untuk memeriksa media sosial Anda dengan cepat dari satu aplikasi. Sehingga, hal ini akan membantu Anda tetap memegang kendali penuh terhadap bisnis online Anda dan mempertahankan reputasinya. Anda juga dapat berbagi informasi terkait dengan produk Anda di media sosial.

Flipboard juga sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda memilih genre content yang ingin Anda tampilkan di Flipboard. Sekaligus, Anda juga dapat memilih situs website dan blog tertentu dengan direktori ataupun dengan menambahkannya sendiri.

Dengan aplikasi ini, Anda dibebaskan pula untuk menambahkan content yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya seperti foto lucu, infografik, bahkan hingga video populer. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur pilihan content yang dapat memaksimalkan keterlibatan Anda di media sosial.

Contoh kasus: Jika Anda memiliki dealer mobil, maka tentunya Anda akan memberikan content yang masih ada kaitannya dengan industri tersebut ke komunitas online. Berbagi foto-foto mobil dengan konsep yang populer, atau video “how-to” yang akan mengedukasi komunitas online dengan berbagai content yang masih ada kaitannya dengan bisnis Anda.

#3: Plume

Jika Anda sedang mencari sebuah aplikasi Twitter yang mirip dengan TweetDeck, maka aplikasi Plume adalah alternatif yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa account Twitter. Bahkan, melalui aplikasi ini, Anda dapat mempersingkat link melalui klik pada menu ‘drop-down’ dengan sangat mudah dan cepat.

Aplikasi Plume akan mengelola beberapa akun Twitter Anda dengan mudah.
Aplikasi Plume akan mengelola beberapa akun Twitter Anda dengan cepat dan mudah.

Hal ini sepenuhnya disesuaikan dengan minat Anda dalam membuat postingan tweet Anda di Twitter. Melalui Plume, Anda dapat memiliki auto hastags, akses untuk melihat foto, dan kemampuan untuk menambahkan geo-lokasi.

Anda dapat juga melakukan posting dari Plume ke Facebook jika memang itu dibutuhkan. Desain Plume kurang lebih sama dengan aplikasi Google+. Jadi, Anda akan merasa lebih nyaman dan akrab ketika menggunakannya.

Namun, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan banyak aplikasi untuk setiap jaringan media sosial Anda. Hal ini jauh akan lebih memakan waktu.

#4: Postling

Blog merupakan faktor besar untuk menjangkau customer potensial Anda di media sosial dan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda melalui content marketing.

Postling adalah sebuah aplikasi ideal yang memungkinkan Anda untuk membuat content dan selanjutnya Anda dapat melakukan posting langsung dari aplikasi ke blog Anda.

Aplikasi Plume membantu Anda membuat konten dari iPhone, dan selanjutnya Anda dapat melakukan posting ke blog ataupun jaringan media sosial.
Aplikasi Plume mampu membantu Anda membuat konten yang langsung dapat Anda posting ke blog atau media sosial.

aplikasi ini juga sangat mungkin anda memantau sebanyak situs, serta di dukung dengan RSS feed.

Anda dapat berbagi tinjauan content terbaik ke blog Anda, Facebook, Twitter, dan Linkedln secara cepat dan mengelola berbagai akun dengan satu kali login yang membuatnya tampak lebih efektif. Dengan begitu, Anda tak perlu terus menerus berganti jaringan media sosial lain dari satu ke yang lainnya atau ke blog Anda. Anda hanya perlu login satu kali, maka Anda pun dapat mengakses banyak akun media sosial yang Anda miliki.

Namun sayangnya, aplikasi Postling ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone saja.

#5: Buffer App

Aplikasi ini memungkinkan Anda agar dapat dengan mudah berbagi artikel, foto, video, dan pembaruan status ke berbagai jaringan sosial. Terlebih jika Anda memanfaatkan content, maka hal tersebut akan jauh lebih membantu Anda membangun komunitas online yang kuat. Aplikasi Buffer membuat pemasaran sosial media lebih terfokus dan konsisten.

Aplikasi Buffer dapat membantu Anda posting di berbagai jaringan media sosial.
Aplikasi Buffer dapat membantu Anda melakukan posting di berbagai jaringan media sosial.

Pada aplikasi Buffer, Anda dapat memilih tiga jaringan sosial yang berbeda. Jaringan media sosial tersebut seperti halnya Linkedln, Twitter, dan bahkan bisnis Anda pada Page Facebook.

Dengan versi gratis Buffer, setidaknya Anda dapat melakukan posting hingga 10 kali sehari dengan content yang berbeda-beda. Anda juga dapat memilih waktu yang Anda inginkan untuk berbagi ke media sosial sepanjang minggu. Hal ini tentunya dapat memaksimalkan content yang Anda posting setiap harinya.

Dengan fitur analytics pada Buffer membantu Anda mengetahui konten yang disuka oleh pembaca.
Dengan fitur analytics pada Buffer membantu Anda mengetahui konten yang disuka oleh pembaca.

Dengan demikian, aplikasi Buffer akan membantu Anda mengelola waktu dan berbagi content secara teratur ke jaringan media sosial Anda. Cukup buat dan tambahkan content, selanjutnya Buffer akan melanjutkan tugasnya. Bahkan, Anda  juga memiliki menu ‘analytics’ untuk melihat apa saja topik content yang paling disukai oleh para pengunjung di media sosial.

#6: Facebook App

Aplikasi Facebook adalah aplikasi untuk smartphone yang harus ada untuk strategi pemasaran bisnis Anda melalui media sosial. Hal ini dikarenakan, Facebook adalah salah satu platform media sosial utama. Kebanyakan, Facebook mempunyai keterlibatan yang erat dengan pengguna Facebook lainnya. Dan pengguna Facebook tersebut bisa jadi adalah customer potensial bagi bisnis Anda.

Berdasarkan apa yang telah dikutip dalam SocialMediaExaminer.com, dikatakan bahwa algoritma Facebook baru saja mengubah terkait dengan content sebuah postingan. Artinya, meng-upload gambar, video, dan menulis status update yang informatif lebih disukai daripada Anda hanya berbagi link.

Facebook App merupakan versi lain yang bisa Anda buka melalui smartphone.
Facebook App merupakan versi lain dari website yang bisa Anda buka melalui smartphone.

Namun, ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh mem-posting sebuah link. Ini hanya berfungsi sebagai pengingat untuk Anda bahwa yang banyak disukai oleh pengguna akun Facebook adalah contentcontent yang bersifat edukasi (update status, infografik, video). Penggunaan link yang disisipkan pada sebuah content hanya berfungsi sebagai verifikasi yang bertujuan membawa pengunjung ke website Anda.

Aplikasi Facebook untuk smartphone ini bertujuan agar Anda dapat mengakses halaman facebook dan menanggapi komentar serta memantau customer potensial Anda dan bagaimana tanggapan dari pengguna akun Facebook lainnya.

Menggunakan aplikasi ini juga dapat menghemat waktu Anda dalam untuk meng-update media sosial dan membuat progres yang mudah untuk menemukan content yang menarik dan informatif untuk posting-an di Facebook.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam berbagi variasi dan mempublikasikan content dengan waktu yang berbeda-beda sepanjang hari. Intinya, Anda hanya dituntut untuk membuat status atau content, selanjutnya untuk waktu posting bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. Ini merupakan cara utama untuk tetap terhubung dengan orang-orang dalam komunitas online.

Lalu apa yang Anda pikirkan, apakah Anda tertarik menggunakan salah satu aplikasi di atas untuk menunjang pertumbuhan bisnis online Anda? Jika Anda sudah menggunakan salah satu aplikasi di atas, apakah hal tersebut benar-benar mampu membantu perkembangan bisnis Anda? Bahkan, mungkin Anda telah menggunakan aplikasi lain yang lebih efektif untuk membantu kita agar tetap terhubung dengan media sosial Anda. Silakan berbagi jawaban ataupun pertanyaan baru pada kolom komentar di bawah ini.

(Ingin tahu lebih banyak bagaimana memanfaatkan media sosial untuk aktivitas pemasaran Anda? Ikuti workshop-nya yang akan dipandu secara eksklusif oleh ahlinya. KLIK DI SINI untuk daftar dan mengetahui informasi lebih lanjut. Buruan daftar, peserta terbatas! )

fb-baru_720

 

 

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!