Cara Memasarkan Content dengan Menggunakan Facebook Instant Articles

Cara Memasarkan Content dengan Menggunakan Facebook Instant Articles

Anda seorang pebisnis, marketer atau blogger yang menggunakan social media seperti Facebook untuk memasarkan content? Entah itu content yang murni untuk memberikan insight atau yang berkaitan dengan kegiatan promosi bisnis.

Kalau begitu Anda harus memperhatikan bagaimana tampilan content Anda di website dan mobile.

Ok, mungkin Anda tidak memiliki kendala jika membuka content dari PC. Tapi hal yang sebaliknya terjadi jika Anda mencoba untuk membuka content dari mobile?

Kebanyakan orang yang mengakses content dari mobile mengeluh jika terjadi loading pada saat hendak memuat page.

Lalu pertanyaannya sekarang, apa solusi untuk masalah ini?

Jawabannya adalah Anda bisa mencoba tools yang disediakan oleh raksasa social media, yaitu Facebook Instant Articles.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu Facebook Instant Articles, apa manfaat menggunakan tools satu ini serta apa tantangan yang dihadapi jika Anda menggunakan tools ini.

Mari kita mulai pembahasannya.

Apa itu Facebook Instant Articles?

Sebuah fitur yang relatif baru, Facebook Instant Articles menawarkan hosting penerbitan content secara langsung di Facebook, sehingga pengguna mendapatkan mobile experience yang lebih baik.

Jika Anda sedang membuka aplikasi Facebook mobile dan Anda melihat sebuah content dengan tanda petir / lighting bolt di bagian kanan atas dari gambar grafik yang terbuka, itu adalah versi Facebook Instant Articles.

ms-instant-article-icon

Ketika Anda mengklik untuk membaca content itu, load akan menjadi sangat cepat karena Anda tidak meninggalkan Facebook untuk pergi ke website lain.

Tools ini juga dirancang untuk membantu blogger, marketer dan pemilik bisnis yang sibuk untuk menemukan apa yang dapat bekerja dengan social media marketing.

Manfaat untuk Blogger

Facebook memiliki lebih dari 1,65 miliar pengguna. Jika Anda mencoba untuk mencapai seseorang, kemungkinan besar mereka ada di Facebook.

Satu masalah Facebook telah terpecahkan dengan Instant Articles adalah menghilangkan lambatnya loading page pada saat dibuka.

Menurut sebuah studi oleh Kissmetrics, jika sebuah situs web membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat page yang dibuka, lebih dari 40% dari para pengguna akan meninggalkannya. Instant Articles membuat content terbuka dengan sangat cepat.

Manfaat lain dari Facebook Instant Articles lainnya adalah memperoleh user experience yang sangat baik. Terdapat beberapa elemen interaktif yang membantu content benar-benar terlihat menonjol.

ms-thumbs-up-shutterstock-252738628

Facebook memberikan penghargaan kepada para pembuat content yang menjaga para pengguna lain agar tetap berlama-lama di Facebook, seperti live broadcasting.

Lalu apa manfaat keuangan bagi mereka yang memilih untuk beriklan di Facebook?

Seorang ahli blogger dan kepala bagian training di Social Media Marketing Society, Leslie Samuel menjelaskan bahwa jika Anda menggunakan Facebook’s Audience Network, Anda dapat melakukan bagi hasil. Anda tetap mendapat 70% dari pendapatan yang dihasilkan dari klik iklan.

Leslie tidak melihatnya sebagai keuntungan yang besar, karena Anda dapat melakukannya di situs web Anda dengan AdSense atau jaringan lain.

Namun, Facebook memudahkan Anda untuk menggunakan iklan dalam Instant Articles.

Pada saat ini Facebook tidak memberikan perlakuan istimewa terhadap Instant Articles. Namun, algoritma Facebook berusaha untuk memberikan content terbaik dengan cepat kepada orang-orang.

Jadi, jika lebih banyak orang mengklik ke Instant Articles, Anda akan dapat melihat bahwa Facebook secara alami memberikan perlakuan istimewa untuk content ini.

Plus, Facebook juga akan menampilkan content yang mendapat engagement lebih banyak dari orang-orang yang menyukai page Anda.

Facebook berkeinginan agar para pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada platform mereka dan hal ini memberikan content creator sebuah kesempatan yang unik.

Leslie mengatakan bahwa di masa lalu, jika orang-orang memasang gambar  atau video dan mensharenya secara gila-gilaan mereka beranggapan akan mendapat jangkauan ekstra.

ms-facebook-instant-articles

Dengan adanya kontrol seperti ini pada content, iklan, dan link, sebuah bisnis bisa menggunakan jangkauan yang akan memberikan keuntungan di merk dan bisnis mereka, membangun serta menumbuhkan email list, mempromosikan produk, dan banyak lagi. Misalnya, menempatkan link ke opt-in form email di akhir Instan Articles.

Marketer cerdas yang menggunakan Facebook sebagai platform marketing utama akan mencari cara untuk mengambil keuntungan dari manfaat Instant Articles agar memperoleh pengguna ke dalam sistem mereka.

Terdapat perbedaan antara Facebook Notes dan Instant Articles, yang kedengarannya mirip.

Notes adalah sebuah artikel atau postingan yang dibuat langsung dalam Facebook. Sedangkan Instant Articles benar-benar terhubung ke situs Web Anda.

Kelemahan Facebook Instant Articles

Sebuah tools yang sempurna pun pasti memiliki potensi kelemahan. Facebook memutuskan untuk memberikan preferensi hanya untuk Instant Articles dan tidak pada content lainnya. Namun ternyata, link organik ke Facebook sudah diturunkan. Banyak pengelola page Facebook mengatakan bahwa pengguna tidak melihat postingan mereka.

ms-thumbs-down-sutterstock-252738628

Leslie mengatakan, masalah yang lebih besar adalah, “Apakah Anda percaya Facebook?” ketika menempatkan content Anda di Facebook mungkin terdengar cerdas dan memberikan beberapa manfaat sekarang, Anda harus bertanya-tanya apa artinya bagi masa depan.

Situs Social Media Examiner pernah membahas konsep “Lahan yang disewa”. Dalam diskusi ada pertanyaan yang muncul, apakah masuk akal untuk mendistribusikan content Anda sepenuhnya pada platform yang bukan milik Anda sendiri?

Facebook merupakan source besar untuk mendapatkan traffic ke blog, dan jika orang menjadikan Facebook sebagai tempat utama untuk content mereka, hal ini akan menjadi masa depan yang menakutkan.

Sekarang Facebook mendapatkan perhatian Anda. Dan jika mereka memiliki perhatian dan content Anda, mereka akan semakin kuat.

Kalau Anda benar-benar percaya Facebook, itu suatu hal yang baik. Jika tidak, karena banyak juga orang tidak melakukannya, akan ada keraguan.

Sekitar setahun yang lalu ketika Instant Articles pertama kali diumumkan, semua orang sangat antusias. Beberapa publisher termasuk BuzzFeed dan Washington Post rela memberikan content mereka untuk Facebook.

ms-first-instant-article-publishers

Sekarang, tampaknya semua orang mempublikasikan Instant Articles, dan hal ini adalah tujuan terbesar Facebook.

Perubahan jelas terjadi, dan tidak ada cara untuk menghentikan perubahan. Pembuat content harus mengambil keuntungan dari perubahan dengan cara yang masuk akal untuk bisnis mereka.

Salah satu hal yang menarik, berbeda dengan Google AMP, Facebook memungkinkan pengguna yang memiliki Google Analytics untuk mengintregasikannya.

Artinya jumlah Instant Articles dapat dilihat pada Google Analytics sebagai kunjungan situs. Facebook juga memberikan publisher kontrol penuh atas content.

Cara Memulainya

Sayangnya, untuk sign up ke Instant Articles tidaklah mudah. Anda perlu melewati 10 langkah proses, dan setiap langkah mencakup banyak hal.

Rata-rata orang yang tidak nyaman dengan berbagai jenis kode akan sedikit terintimidasi karena hal tersebut.

Untuk memulai, login dengan akun Facebook Anda dan pergi ke page pendaftaran Instant Articles.

Pertama akan muncul halaman yang meminta Anda untuk memilih page mana yang akan Anda gunakan untuk memunculkan Instant Articles. Setelah menentukan page, klik Submit. Setelah Anda mendapatkan persetujuan, tandanya Anda telah mendaftar untuk Instant Articles.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda harus memiliki plugin Instant Articles untuk WP. Pastikan pulginnya dari Automatic, perusahaan di balik WordPress. Kemudian koneksikan plugin ke page Facebook Anda. Terdapat instruksi untuk melakukannya.

ms-instant-articles-for-wp-plugin

Sekarang ke page Facebook Anda dan klik pada Publishing Tools untuk mengkonfigurasi Instant Articles. (Anda perlu melakukannya lewat desktop, tidak melalui mobile device.) Ini melibatkan beberapa hal yang berbeda. Pertama, Anda akan ditunjukkan bahwa Anda memiliki URL itu.

Berikutnya, buatlah style template. Tentukan font, warna, logo, dan ukuran yang Anda inginkan. Terlihat cukup mendasar.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda dapat meng-hire seseorang yang akan membuatkan Anda desain yang cocok dengan selera Anda. Ini jauh lebih teknis.

Setelah Anda membuat template dan menyerahkan RSS feed, sejumlah artikel Anda akan segera diimpor.

Pastikan kalau kodenya benar. Anda akan melihat kode HTML dengan beberapa elemen tambahan. Anda juga akan diberitahu jika ada bagian yang perlu diperbaiki.

Setelah Anda memperbaiki semuanya, siapkan dan submit 10 artikel untuk Facebook yang kemudian akan di review. Ini merupakan proses yang manual.

ms-10-shutterstock-372890719-1Seseorang akan mampir dan membandingkan apa yang Anda lakukan di Instant Articles untuk mengetahui apa yang ada di website Anda. Pastikan untuk mencocokkan selengkap mungkin.

Jika tidak cocok, Anda harus memperbaikinya dan kirimkan. Proses persetujuan dapat memakan waktu hingga seminggu.

Ketika Facebook menyetujui content Anda, Anda dapat mulai mempublikasikannya.

Seorang yang cerdas teknologi seperti Leslie Samuel sekali pun mengakui memiliki pengalaman yang pahit dalam hal mengatur Instant Articles. Ia harus melewati poses sebanyak 3 kali untuk mendapat persetujuan untuk mempublikasi artikelnya.

Dia menyarankan pengguna untuk melihat Pages Manager pada perangkat mobile mereka saat mengedit kode sehingga mereka dapat mereview perubahan saat mereka menjalankannya.

Leslie melihat apa yang National Geogrpahic dan BuzzFeed lakukan, ia memperhatikan diantara kedua platform ini ada kesamaan tapi tidak secara keseluruhan dari content mereka yang publikasikan di Instant Articles.

Ada beberapa fungsi khusus, salah satunya adalah sebuah slideshow interaktif yang merupakan fitur built-in di Facebook. Ketika Anda membuat slideshow, Anda membuat kode dan kemudian lihatlah pada smartphone Anda.

Selain itu ada peta interaktif. Peta interaktif merupakan salah satu fitur dimana creator dapat memasukkannya ke dalam Instant Artikel.

Anda bisa memiliki gambar yang berbeda dan bahkan menambahkan keterangan audio.

Misalnya, jika Anda memberikan tur tentang bisnis Anda. Saat mencapai gambar tertentu, Anda dapat mulai memberi narasi untuk membuatnya lebih menarik.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pengalaman menarik kepada pengguna.

ms-instant-articles-map

Leslie memutuskan untuk fokus dengan Facebook Instant Articles, dan akan mempublikasikan semua content di sana.

Dia berpikir secara strategis tentang content apa yang harus dibuat dan bagaimana menggunakannya untuk mengarahkan orang-orang untuk mendaftarkan email mereka.

Setiap bagian dari content adalah pesan pemasaran untuk menarik orang agar mereka mau berlangganan.

Dia juga akan mengevaluasi bagaimana perubahan engagementnya dengan Instant Articles dan berencana untuk membuat keputusan berdasarkan strategi. Jika dia melihat ada manfaat, ia mungkin mempertimbangkan kembali keputusannya untuk mempublikasikan contentnya pada Instant Articles.

ms-instant-articles-become-a-blogger

Bagaimana soal pembatasan antara Instant Articles dibandingkan Google AMP? Instant Articles masih terbilang longgar, masih ada kebebasan dan juga elemen interaktifnya lebih maju.

Plus, Anda dapat menggunakan akun Google Analytics Anda. Dengan AMP, Anda harus memiliki dua akun (satu untuk website Anda dan satu untuk AMP), dan melacak mereka secara terpisah.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah berada di penghujung artikel dan selamat! Wawasan Anda bertambah satu lagi tentang Facebook Instant Articles.

Yang bisa diringkas dari keseluruhan artikel ini adalah Facebook berpikir tentang kegiatan publikasi dengan fitur Instant Articles dan mereka ingin membuat user experience yang sangat baik.

Setelah Anda diberitahu bahwa Instant Articles Anda disetujui, maka secara otomatis content Anda akan diimpor dan Anda dapat mengaktifkan auto-publishing.

Yang perlu diingat adalah Anda tidak dapat menempatkan sebagian post dalam sebuah Instant Articles dan kemudian mengarahkan orang-orang ke blog Anda untuk membaca lebih lanjut.

Facebook ingin hal itu menjadi pengalaman yang sama. Jadi, semua content, gambar, dan fitur yang dapat dialihkan perlu berada di sana dalam urutan dan format yang sama seperti yang ada pada website Anda.

Bagaimana? Anda sudah siap untuk mencoba tools yang satu ini?

Baca juga artikel yang berhubungan dengan Facebook seperti :

banner-FB-tanpa-link-CTA

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!