Membuat Video Content Menjadi Lebih Mudah dengan 6 Tools Berikut Ini!

Membuat Video Content Menjadi Lebih Mudah dengan 6 Tools Berikut Ini!

Banyak pebisnis yang terjun ke dalam dunia digital yang menggunakan social media sebagai salah satu medium untuk memperkenalkan, mempromosikan produk / jasa mereka, berinteraksi dengan lead dan customer mereka, dan yang pasti tujuan yang diharapkan adanya purchase.

Dalam hal memperkenalkan dan mempromosikan produk / jasa, biasanya pebisnis meng-hire orang untuk membuat content.

Ok, membuat content yang berkualitas sekarang ini susah-susah gampang karena sudah banyak sekali orang dapat membuat content yang lebih bagus.

Lalu bagaimana cara yang baik untuk dapat bersaing dengan para pebisnis yang memiliki usaha sejenis?

Anda harus menjadi kreatif!

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa yang dapat dilakukan untuk menarik lead dan customer. Bukan hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan engagement di social media.

Mari kita mulai pembahasannya…

Cara Kreatif untuk Membuat Content?

Sebelum membuat content yang akan ditampilkan pada social media, coba Anda memposisikan diri sebagai lead atau customer.

Kalau Anda dicekoki postingan dengan gaya bahasa sama atau mirip-mirip, kira-kira apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat melihat postingan itu? Bisa jadi begini, “Yah! Bosan banget!”

Anda sudah mendapat gambaran mengenai apa yang harus dilakukan? Yes, Anda harus mencoba cara lain untuk membuat content!

Kalau sekedar lewat design tulisan sudah biasa, cara yang satu ini bisa Anda coba.

Yes!! Membuat content video!

Mengapa content video? Orang-orang cenderung tertarik dengan hal yang berbau visual. Design memang visual namun cenderung tidak bergerak. Jika Anda membuat content video, Anda bukan hanya menarik perhatian orang melalui visual, tetapi ada unsur gerakan.

Anda tertarik untuk mencoba content video untuk social media?

Berikut ini ada tools yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan dan meningkatkan video social media Anda.

Membuat Video Content dengan…

  1. Animoto untuk Menciptakan Kompilasi Video

Animoto memungkinkan Anda untuk membuat video berkualitas profesional dengan gambar dan klip video. Ada versi gratis dan berbayar dari Animoto. Pricing palns berkisar dari $ 8 untuk penggunaan pribadi, $ 22 untuk professional, dan $ 34 untuk bisnis.

Berikut adalah cara untuk memulai Animoto. Pertama, sign up untuk mendapatkan akun gratis. Anda dapat membuat akun gratis Anda dengan profil Facebook Anda atau dengan alamat email Anda.

Kemudian klik tombol Create untuk memulai proyek Animoto Anda.

1

Berikutnya, pilih style untuk mengkustom tampilan dan nuansa dari video Anda.

Klik pada preview style template untuk melihat seperti apa tampilan video Anda saat menggunakan style yang dipilih.

2

Sekarang Anda siap untuk menambahkan foto, klip video, dan musik. Animoto menerima upload foto dan video dari komputer Anda, smartphone, atau sumber lain termasuk Facebook, Dropbox, dan Photobucket.

Anda dapat menambahkan lagu Anda sendiri atau memilih salah satu dari katalog musik Animoto. Trek yang tersedia termasuk instrumental dan lagu.

3

Sekarang Anda bisa mempersonalisasi video Anda di Settings. Pastikan untuk menambahkan thumbnail kustom, judul video, dan deskripsi untuk video Anda. Semua informasi ini membantu SEO.

4

Ketika Anda selesai, Anda bisa preview hasil kerja Anda. Klik tombol Preview Video untuk melihat seperti apa video Anda. Jika ingin mengubahnya, tutup window ini dan lakukan pengeditan.

Akhirnya, Anda siap untuk memproduksi video. Klik Poduce untuk melakukannya.

5

Tip :

Jika Anda ingin memilih musik dari sumber lain (seperti SoundCloud atau YouTube), pastikan Anda mendapatkan ijin untuk menggunakannya.

Anda akan melanggar undang-undang hak cipta jika Anda tidak sepenuhnya memeriksa kepemilikan musik hak sharing ke pihak ketiga.

  1. Legend untuk GIF

GIF merupakan gambar dengan gerakan. Sementara ada aplikasi yang menawarkan premade GIF, pertimbangkan untuk mengkustomasi milik Anda sendiri. Ini akan menampilkan personal brand Anda dan memungkinkan Anda untuk membuat content yang unik.

Legend adalah app untuk smartphone yang akan membiarkan Anda untuk menciptakan GIF dengan mengkombinasikan teks, flash, dan gambar. Anda dapat mendownload Legend dari Google Play atau App Store.

Berikut ini cara menggunakan Legend untuk menciptakan GIF merk Anda sendiri.

Pertama, ketik text Anda. Anda bisa menuliskan 100 karakter.

6

Kemudian, pilih foto. Anda dapat mengambil foto dengan menggunakan kamera yang ada pada handphone, memilih foto dari album foto Anda, atau memilih foto dari Flickr.

Sekarang, saatnya untuk memilih style dari animasi yang Anda inginkan. Ada 18 variasi yang dapat Anda pilih, 6 dimasing-masing layar.

7

Ketika Anda memilih color palette, Anda akan mengubah warna pada foto dan teks yang digunakan. Kemudian sentuh GIF untuk mengkonvert hasil kerja Anda menjadi GIF, dan sentuh More untuk menyimpannya ke camera roll Anda.

8

Yang menarik dari app ini adalah Anda dapat men-share GIF animasi yang telah Anda buat ke Instagram, WhatsApp, atau dalam pesan teks dari app Legend. Anda juga dapat men-share secara langsung dari app ke jejaring social lainnya jika Anda sudah mendownload app ke smartphone.

Tip :

Buatlah GIF dari Legend dalam jumlah yang banyak dan simpan di camera roll untuk di-share nanti.

  1. Relay untuk Video Snapchat

Relay adalah design grafik dan tool untuk publikasi untuk orang-orang yang tidak biasa menjadi designer grafik.

Anda dapat menggunakan Relay untuk mendesign kustom Snapchat geofilters Anda sendiri, dimana Anda dapat memberikan lapisan pada video Anda.

Geofilters digunakan sebagai taktik personal branding untuk stories Snapchat Anda, di mana akan menghasilkan engagement yang lebih baik. Relay menyediakan template layout untuk Snapchat geofilter dengan ukuran 1080 x 1920 piksel.

Anda bisa sign up untuk mendapatkan akun Relay gratis dan bisa langsung mencoba menggunakannya gratis selama 14 hari.

Untuk fitur Pro, Anda akan dikenakan biaya sebesar $12 per bulan atau $96 per tahun. Jika Anda membayar di awal, maka Anda akan diberikan bonus gratis menggunakan Relay untuk 4 bulan.

Berikut ini cara untuk membuat kustom geofilter untuk Snapchat menggunakan Relay. Setelah Anda membuat akun Relay, klik Projects pada bagian atas layar dan pilih New Project dari menu yang terbuka ke bawah.

9

Selanjutnya, Anda perlu untuk memilih layout Anda. Klik Layout pada bagian atas page, dan kemudian pada page berikutnya, pilih Snapchat dari Platform list di sebelah kiri.

10

Edit template dengan mengkustom warna, teks, dan logo.

11

Klik ikon cloud untuk menyimpan design Anda.

12Kemudian klik Publish pada bagian atas page untuk mempublikasikannya.

Tip :

Buatlah Snapchat geofilter untuk event Anda sendiri.

  1. Overvideo untuk Menambahkan Soundtrack

Overvideo merupakan app gratis untuk smartphone iOS yang akan membiarkan Anda menambahkan teks dan musik ke video Anda.

Untuk memulainya, download app Overvideo dan buka di jaringan iOS Anda. Kemudian pilih video dari roll camera atau mengambil video baru.

13

Tambahkan teks dan gambar ke video Anda. Anda bisa menambahkan atau mengurangi ukuran dengan menggunakan scrollbar.

14Selanjutnya, Anda bisa menambahkan musik ke dalam video Anda. Overvideo bisa mengakses daftar musik pada perangkat Anda. Terakhir, simpan video Anda di roll camera. Anda juga bisa men-share lewat email atau Instagram.

15Tip :

Ambil klip video pendek ketika Anda berada di sebuah acara, menghadiri pertemuan bisnis, atau bekerja. Gunakan Overvideo untuk mengangkat potensi engagement dari video Anda dengan musik dan caption unik.

  1. Cinemagraph Pro untuk GIF Profil FB

Sekarang Facebook memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengupload video foto profil. Anda bisa mengganti foto profil yang statis dengan video loop 7 detik yang disebut cinemagraph.

Cinemagraph Pro dari Flixel ( hanya untuk iOS atau Mac saja) adalah tool yang mudah digunakan untuk membuat foto profil Facebook Anda bergerak.

Flixel menawarkan coba gratis dan versi berbayar sebesar $ 15 per bulan. Tool ini sangat populer di kalangan fotografer dan designer grafis.

Untuk mulai membuat cinemagraph Anda, pertama putuskan apa yang akan bergerak dalam video Anda.

Misalnya bisa jadi rambut Anda tertiup angin, air mata dari mata Anda, atau hanya berkedip.

Kemudian gunakan smartphone atau kamera digital untuk merekam klip Anda. Untuk memastikan klip sempurna, Anda mungkin perlu untuk merekam beberapa kali.

Berikutnya, editlah video Anda di Cinemagraph. Mengedit video dengan panjang yang diinginkan, melihat gerakan yang ingin Anda ulangi dalam loop. Kemudian samarkan bagian yang Anda inginkan dalam gerakan menggunakan paintbrush tool.

16

Kemudian, atur tipe loop, speed, dan crossfade. Anda juga dapat menambahkan filter untuk efek ekstra.

Ekspor setidaknya 6 detik sehingga video Anda cocok dalam kerangka waktu 7 detik. Akhirnya, upload cinemagraph Anda ke profil Facebook Anda.

Tip :

Mempelajari cinemagraph secara detail dan putuskan gerakan apa yang Anda inginkan dalam foto. Ini akan membuat cinemagraph Anda jauh lebih mudah.

  1. GoAnimate untuk Presentasi Video

Dengan tool animasi GoAnimate, Anda dapat membuat video yang terdiri dari scene Template, karakter disesuaikan, latar belakang, music dari library mereka. Anda juga dapat meng-upload logo Anda dan mengubah warna untuk dicocokkan dengan brand Anda.

GoAnimate memiliki versi gratis dan berbayar. Anda dapat mencoba demo gratis 14 hari, tetapi Anda tidak dapat mendownload atau mengexport video Anda karena akan terdapat watermark dari GoAnimate. Namun, ini merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan percobaan terhadap software.

Memilih Theme

Untuk menciptakan video dalam GoAnimate, pertama Anda dapat melakukan sign up untuk mendapatkan akun, lalu klik Make Video. Kemudian, pilih theme Anda. Anda memiliki 3 pilihan :

Business Friendly, Whiteboard Animation, dan Video Infographics.

17

Kemudian pilih template Anda dalam Video Maker. Setiap template memiliki serangkaian premade scene dengan background, character, prop, dan text box yang dapat Anda edit secara individual.

18

Pilih character Anda berdasarkan kategori, dari liburan untuk anak-anak, politik, dan olahraga. Ingatlah untuk menjaga character Anda konsisten selama scene.

19

Selanjutnya, pilih prop untuk meningkatkan storytelling Anda. Anda dapat memindahkan prop di sekitar adegan secara bebas.

20

Anda juga dapat menambahkan text atau text bubble untuk setiap adegan yang relevan. Pilih font dan jenis speech bubble Anda. Pindahkan text di sekitar scene yang diperlukan.

21

Anda memiliki data yang relevan untuk disertakan dalam video Anda? Gunakan widget untuk menggambarkan data dan angka. grafis ini berguna jika Anda berhubungan dengan peningkatan atau penurunan, persentase, atau statistik.

22

Anda juga dapat menambahkan text yang dinamis ke scene Anda, seperti text yang masuk ke layar secara vertical atau horizontal atau whiteboard animasi.

23

Menambahkan Scene

Sekarang saatnya untuk memilih scene Anda. Pada gambar di bawah ini, template scene dipilih untuk slide judul video. Di sebelah kanan, Anda dapat mengubah text. Klik tombol Add Scene untuk menyisipkan scene tambahan.

24

Anda juga dapat mengatur durasi scene Anda. Misalnya, jika Anda membuat video 30 detik dengan 6 scene, setiap scene berdurasi 5 detik.

25

Anda dapat mengedit durasi scene setiap saat dengan memperluas atau mengurangi tepi scene Anda dalam row dengan ikon video.

26

Menambahkan Voiceover

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan voiceover ke scene Anda. Ada 2 cara untuk melakukannya : dengan dialog atau narasi. Dialog diterapkan untuk character saja dan dilengkapi dengan lip-sync. Sebaliknya, narasi adalah voiceover tanpa lip-sync.

Untuk menambahkan voiceover ke video Anda, gunakan mikrofon yang telah Anda pilih untuk merekam suara Anda, upload rekaman, atau gunakan salah satu partner voiceover professional dari GoAnimate (VoiceBunnyBuyvo, dan Voices).

Tip :

Gunakan text-to-speech (TTS) sebagai pengganti sebelum menambahkan suara manusia untuk memastikan bahwa Anda memiliki audio yang tepat.

Sangat mudah untuk drag dan drop file suara dalam GoAnimate. Anda dapat mengimpor beberapa jenis format audio, seperti format MP3, WAV, atau M4A. (Catatan: batas file suara individu adalah 15 MB.)

Mengkustomasi Character Anda

Sekarang waktunya ke dalam bagian character. Anda bisa mengkustomasi character Anda dengan menggunakan  character creator ; menspesifikasi gender, tubuh, rambut, pakaian, ekspresi wajah, dan aksesoris. Anda bahkan bisa menciptakan character yang mirip dengan diri Anda.

27

Menambahkan Musik

Siapa yang tidak suka musik? GoAnimate memiliki perpustakaan musik bebas royalti untuk dipilih. Klik pada ikon musik dan pilihlah trek yang Anda inginkan. Setelah Anda memilih trek musik, trek musik tersebut akan muncul di bawah scene dan baris narasi Anda.

28

Save dan Share Video Anda

Ketika Anda selesai dengan video Anda, klik Preview di pojok kanan atas page untuk melihatnya. Hal ini penting, karena Anda mungkin melihat kesalahan atau ada area yang perlu diperbaiki. Anda juga bisa menguji audio Anda.

Setelah Anda melihat preview video Anda, klik Save Now untuk menyimpannya.

29

Pada jendela pop-up, isi judul video dan tambahkan tag dan deskripsi untuk membantu mengoptimalkan video Anda di search engine. Anda juga dapat memilih apakah akan menyimpan video Anda sebagai draft, dijadikan pribadi, atau publik.

30

Selanjutnya, Anda memiliki pilihan untuk mengekspor dan berbagi video Anda di social media atau mengirimkannya melalui email.

31

Anda juga dapat mengekspor video Anda ke platform video sharing lainnya.

32

Tip :

Setiap aspek video GoAnimate Anda sepenuhnya disesuaikan dari warna dan font untuk image, character, dan audio. Personalisasi adalah kunci untuk social media engagement.

Siap untuk Membuat Video Content?

Anda sudah sampai pada akhir artikel, selamat! Berarti Anda telah mendapat satu lagi wawasan bermanfaat untuk mengembangkan social media marketing Anda.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Anda siap untuk membuat video content?

Jika iya, ayo dimulai dari sekarang! Dengan 6 tools yang dijelaskan pada artikel ini, Anda dapat membuat video content berbeda dari yang lain.

Buat lead dan customer Anda terpukau dengan hasil video content Anda!

Selamat mencoba!

Baca juga mengenai

>>> Cara Membuat Video untuk Campaign Facebook Ads Anda

>>> Buat Facebook Video Ads Anda jadi Lebih Efektif dengan Cara ini

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan,Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!