Bagaimana Cara Menambah Fans Pada Facebook Page Anda?

Bagaimana Cara Menambah Fans Pada Facebook Page Anda?

Bukan menjadi fenomena yang mengejutkan bila semua orang kini tengah berlomba-lomba untuk berselancar di media sosial. Ya, selain hal tersebut merupakan suatu kebutuhan untuk aktualisasi diri, sebenarnya masih banyak lagi kebutuhan yang menuntut Anda menggunakan media sosial. Misalnya, dengan menggunakan media sosial, maka Anda akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi terupdate. Bahkan, sering kali pencitraan seseorang juga dibentuk melalui media sosial. Manfaat-manfaat media sosial ini bergantung dari tujuan Anda menggunakannya. Misalnya, Jika Anda ingin mengembangkan bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Lalu pertanyaannya, apakah mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media sosial akan memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk tumbuh?

Jawabannya sederhana. Jelas iya. Salah satu media sosial dengan angka pengguna terbanyak adalah Facebook (FB). Bagaimana tidak, setiap tahunnya jumlah pengguna FB terus saja mengalami kenaikan. Berdasarkan yang dikutip melalui ‘Id.Technesia.com’, melalui survei yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar eMarketer, didapat bahwa pengguna FB yang mengakses melalui mobile phone akan mencapai hampir satu milliar di tahun 2015. Angka tersebut jauh mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 860 juta pengguna di seluruh dunia.

Melalu diagram tersebut menjelaskan bahwa angka setiap tahun pengguna Facebook terus naik dari tahun ke tahun.
Melalu diagram tersebut, dapat diketahui bahwa setiap tahun, angka pengguna media sosial terus naik dari tahun ke tahun.

Menariknya, setiap negara mengalami kenaikan jumlah pengguna yang mengakses FB melalui mobile Phone. Di Indonesia sendiri, jumlah kenaikan pengguna meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2013, jumlah pengguna FB hanya sekitar 77,7% dan pada tahun 2014 meningkat menjadi 88,1 %. Dan hal tersebut akan terus mengalami kenaikan hingga tahun 2018 yang diprediksi akan mencapai angka 98,8%.

Indonesia merupakan negara ketiga dengan angka pengguna terbanyak di dunia.
Indonesia merupakan negara ketiga dengan angka pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika Anda memanfaatkan FB sebagai media promosi untuk mendapatkan customer baik dari lokal hingga multinasional? Tanpa meninggalkan fakta-fakta di atas, tentunya Anda dapat menangkap peluang untuk kebutuhan bisnis Anda. Itulah mengapa, DigitalMarketer.id pada artikel sebelumnya menyarankan Anda untuk membuat Facebook Page demi meningkatkan bisnis Anda.

Jika sebelumnya Anda telah membuat Facebook Page melalui tutorial yang disarankan oleh DigitalMarketer.id, maka Anda sudah selangkah lebih maju. (Baca juga: Panduan Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda). Selanjutnya, yang perlu Anda usahakan adalah, bagaimana agar Facebook Page Anda mempunyai banyak penggemar (fans). Untuk itu, Anda perlu mempengaruhi agar pengguna FB lain memberikan jempol (like) untuk Facebook Page Anda.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak penggemar untuk Facebook Page Anda. Namun sebelumnya, langkah ini hanya bisa Anda lakukan setelah membuat Facebook Page terlebih dahulu.

Langkah 1:

Undang teman untuk menyukai Facebook Page Anda.

Setelah Anda mempunyai Facebook Page, maka langkah selanjutnya adalah, menyebarkan atau mempromosikan Facebook Page Anda ke teman-teman ataupun pengguna FB lainnya. Jika nantinya mereka menerima undangan Anda, maka mereka akan menjadi penggemar pertama Facebook Page Anda. Cobalah untuk mengundang teman-teman terdekat atau rekan kerja  Anda terlebih dulu. Bahkan, Anda juga bisa mempromosikannya melalui website atau ataupun blog pribadi Anda. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya:

  • Saat pertama selesai membuat Facebook Page, maka Facebook akan dengan sendirinya menyarankan beberapa list teman untuk dapat Anda undang ke Facebook Page Anda. Anda hanya harus klik ‘undang’ untuk menambahkannya sebanyak mungkin.
  • Mintalah ke teman-teman Anda untuk menyukai (like) Facebook Page Anda. Bukan hanya teman-teman pada Facebook saja, melainkan juga jaringan media sosial lainnya, seperti Twitter, Pinterest, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, Anda bisa juga mengajak teman-teman Anda untuk menyukai Facebook Page dari mulut ke mulut. Terutama, bagi teman-teman Anda yang senang dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.
  • Coba perhatikan, apakah Anda mempunyai teman-teman yang berpengaruh di Facebook. Berpengaruh, karena setiap kali dirinya update status ataupun melakukan posting di Facebook, jumlah like dan komentar cukup banyak. Jika ada, maka mintalah kepada teman Anda untuk mempromosikan Facebook Page Anda melalui posting-an statusnya.
Setelah tahapan membuat Facebook Page selesai, Anda tinngal mengundang teman untuk menyukai pege Anda.
Setelah tahapan membuat Facebook Page selesai, langkah selanjutnya adalah dengan mengundang teman untuk menyukai pege Anda.

Langkah 2

Jika Anda merupakan pengikut Facebook Page lain, tambahkan komentar dan link Anda pada pembaruan status mereka.

Dengan cara yang disebutkan di atas, maka kemungkinan besar Anda akan emndapatkan hasil terbaik dengan mem-posting komentar Anda ke page dengan ratusan ribu, atau bahkan jutaan penggemar. Usahakan Page Page Anda menjadi salah satu yang pertama mengomentari pembaruan pada page tersebut. Namun, jangan terlalu sering menambahkan komentar yang mempromosikan Facebook Page Anda yang disertai denga link. Hal tersebut justru akan mengganggu pengguna lainnya.

  • Posting link ke halaman Facebook Page Anda pada Group Facebook atau page lain. Ini merupakan cara lain untuk menarik lebih banyak penggemar (fans). Anda dapat pula menambahkan deskripsi singkat tentang page yang Anda bagikan tersebut. Sekali lagi, lakukan ini dengan sewajarnya dan jangan terlalu sering.

 

Anda dapat memberikan komentar yang menyertakan link Facebook Page pada postingan Facebook page orang lain.
Anda dapat memberikan komentar ke Facebook Page lain yang berisikan link yang mengarah ke Facebook Page Anda.
  • Gunakan fitur ‘@reply’ (mirip dengan fungsi @ dalam Twitter), untuk menandai seseorang pada halaman Facebook Anda. Setiap kali Anda menggunakan fitur ini, maka Anda akan muncul di halaman orang atau perusahaan yang namanya telah Anda tandai. Perlu Anda ingat, untuk jangan terlalu sering melakukan hal ini, atau Facebook akan membaca tindakan Anda sebagai ‘spamming’.
Dengan cara menandai orang-orang pada postingan Anda, maka memungkinkan post8ingan Anda juga muncul pada 'beranda' orang yang Anda tandai tersebut.
Dengan menandai beberapa orang pada postingan Anda, maka postingan Anda juga muncul pada ‘beranda’ orang yang Anda tandai sebelumnya.

 

Langkah 3:

Untuk mengajak agar banyak orang menjadi penggemar dan menyukai Facebook Page yang telah Anda buat, maka Anda dapat menggunakan strategi semacam seperti game atau kontes.

Untuk menarik lebih banyak fans untuk Facebook Page Anda, maka Anda harus berpikir keras untuk melakukannya. Misalnya dengan memberikan game yang sederhana dan menawarkan reward bagi yang bisa melakukannya. Cobalah untuk melakukan hal ini sesering mungkin, seperti setiap minggu atau bahkan setiap bulan.

Give Away FIX

Setelah Anda benar-benar memberikan hadiah dari program game atau kontes yang Anda buat, maka tanyakan kepada setiap pemenang apakah tidak keberatan untuk meng-upload gambar hadiah yang telah Anda berikan dan meminta mereka untuk men-tag sendiri foto yang mereka upload ke Facebook Page Anda.

Tentunya, ini merupakan cara yang mudah untuk mendorong agar mereka menyebarkan berita menyenangkan ini (banyak penggemar akan melakukan ini, karena mereka akan senang dan bersyukur). Tentunya, foto-foto yang mereka unggah akan muncul di halaman Facebook Page Anda dan di profil mereka sendiri. Hal ini akan mendorong teman-teman mereka untuk mengunjungi Facebook Page Anda.

Langkah 4:

Tidak ada salahnya Anda untuk menempatkan link Facebook Page Anda ke jaringan media sosial lainnya.

Dengan menyertakan link Facebook Page di setiap jaringan media sosial Anda, maka hal tersebut akan lebih cepat membuat Facebook Page Anda dikunjungi dan di ‘like’ oleh banyak orang. Jika Anda memiliki akun Twitter yang cukup banyak followers, maka saatnya Anda menggunakan kesempatan ini. Apapun jaringan media sosial yang Anda ikuti, selalu pastikan untuk menyertakan link ke Facebook Page Anda.

Link d
Berikan link Facebook Page di jaringan media sosial lain, misalnya pada Twitter

 

Ada baiknya untuk menggunakan program manajemen media sosial sebagai pihak ketiga. Misalnya, seperti Hootsuite atau Seismic untuk lebih mudah update konten di media sosial. Program ini akan memungkinkan Anda mengatur konten yang Anda post secara otomatis di media sosial. Konten tidak hanya terbatas pada text saja, Anda juga bisa membagikan link seperti gambar, infografik, video, dan lain sebagainya (baca juga: Bagaimana Menarik Lebih Banyak Customer Dengan Content Marketing?).

Pastikan Anda menyertakan link Facebook Page ke dalam konten yang Anda bagikan. Namun, Hootsuite merupakan program berbayar. Jika Anda tidak ingin menambah biaya pengeluaran, Anda bisa melakukan schedule posting di Facebook secara manual.

Langkah 5:

Jika Anda mempunyai website atau blog, maka Anda dapat menambahkan Like Box Facebook Page agar muncul di website atau Blog Anda.

Dengan menyertakan Like Facebook Box pada blog atau website pribadi, hal tersebut akan menambah penggemar pada Facebook Page Anda.
Dengan menyertakan Like Facebook Box pada blog atau website pribadi, hal tersebut akan menambah penggemar pada Facebook Page Anda.

Dengan memanfaatkan cara ini, maka Anda bisa mengajak pengunjung dari website atau blog Anda untuk menyukai Facebook Page Anda. Terdapat langkah untuk menambahkan Like Box Facebook Page ke website atau blog Anda. Ini membutuhkan waktu yang panjang. Untuk itu, materi ini akan di bahas pada artikel DigitalMarketer.id yang akan datang.

Langkah 6:

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mempromosikan Facebook Page Anda secara gratis.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbanyak penggemar bagi Facebook Page Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Setiap kali Anda menulis sesuatu secara online, maka cobalah untuk memasukan link ke Facebook Page Anda. Tentu saja, jangan melakukan ini di tempat-tempat yang salah, karena itu akan dianggap sebagai spam . Untuk itu, tempatkan link Facebook Page Anda di akhir setiap kali Anda mem-posting blog, forum, atau sebagai bagian dari sebuah artikel yang menjelaskan tentang niche produk Anda.
  • Tambahkan fitur ‘Signature’ email untuk membagikan link Facebook Page Anda. Tentunya, dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk mempromosikan Facebook Page melalui banyak cara. Jika hal ini Anda aplikasikan, maka setiap kali Anda mengirim email ke orang lain, pada akhir kalimat email yang Anda kirim, akan tertera link Facebook Page Anda. Jika Anda menggunakan Gmail, maka berikut adalah caranya:

Login ke Gmail menggunakan akun Anda. Lalu, pilih option, dan selanjutnya klik setting untuk memulai mengubah pengaturan dasar.

Halaman Depan Email

Pada tab general, scroll ke bawah dan Anda akan menemukan menu ‘Signature’. Isi box yang sudah tersedia untuk membuat signature. Di sinilah, Anda dapat menambahkan link yang mengarahkan ke Facebook Page Anda.

email ke 2

 

Langkah 7:

Dengan memanfaatkan Facebook Ads, maka akan memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis untuk melakukan kampanye promosi yang disesuaikan berdasarkan demografis tertentu.

Salah satu media untuk mempromosikan Facebook Page Anda, yakni dengan menggunakan Facebook Ads.
Salah satu strategi untuk menambah Fans untuk Facebook Page, maka Anda bisa menggunakan Facebook Ads.

Bagi Anda pengguna aktif Facebook, maka iklan ini dapat Anda lihat di sebelah kanan tengah dari halaman Facebook kita masing-masing. Cara pemasaran menggunakan jasa iklan Facebook Ads ini dengan memanfaatkan Facebook Page yang dibuat terlebih dahulu oleh si pengiklan. Sistem kerjanya, yakni memungkinkan para pengguna Facebook lain untuk memberikan ‘like’ yang akan secara otomatis menjadi penggemar Facebook Page Anda.

Beberapa hal yang Anda dapatkan dengan memanfaatkan Facebook Ads ini misalnya seperti jangkauan pasar yang lebih luas dan terkemas dalam beberapa kategori atau kesukaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan pada pengiklan untuk mengelompokkan customernya sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan ini, maka strategi pemasaran Anda akn lebih fokus dan terarah.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan menambah penggemar untuk Facebook Page Anda? Hal-hal di atas bisa Anda aplikasikan langsung untuk mendapatkan like yang  cukup banyak. Semakin banyak like pada Facebook Page Anda, maka makin banyak pula Anda mendapatkan customer untuk meningkatkan bisnis Anda. Begitu juga sebaliknya. Jika Anda pernah berpengalaman dengan cara-cara di atas, atau bahkan Ada kesulitan terkait dengan pengaplikasiannya, maka tidak ada salahnya untuk mengisi kolom komentar di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!