Hastag, Simbol Sederhana yang Mampu Tingkatkan Merek Produk Anda di Media Sosial

Hastag, Simbol Sederhana yang Mampu Tingkatkan Merek Produk Anda di Media Sosial

Anda gemar berselancar di media sosial, terlebih menggunakan Twitter atau Instagram? Jika ya, tentu Anda telah akrab dengan simbol “#” atau yang sering disebut tagar atau yang lebih dikenal dengan istilah hastag ini. Seperti ketika Anda berselancar di Instagram, maka banyak orang yang berbagi foto dengan menyertakan hastag beruntun panjang ke bawah dengan diikuti kalimat yang menyertainya.

Banyak yang mempertanyakan, berapa banyak kita sebaiknya menyertakan hastag dalam setiap postingan di media sosial? Karena dalam prakteknya, hastag dibuat dengan jumlah yang sangat banyak dengan kalimat yang berbeda-beda. Lalu, seperti apakah membuat hastag yang baik itu? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa informasi di bawah ini!

Sebenarnya, untuk Apa Tujuan Hastag Ini?

Pada beberapa artikel sebelumnya, hastag memang pernah disinggung sedikit. Namun, masih saja banyak yang mempertanyakan tentang apa tujuan hastag ini dibentuk. Jangan hanya menganggap bahwa hastag ini adalah tren untuk sesaat saja, melainkan hastag begitu membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda di media sosial.

Hastag

Terdapat beberapa alasan, mengapa para pengguna di media sosial gemar sekali menggunakan hastag untuk setiap postingannya. Adapun alasan tersebut seperti:

  • Hastag dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu (sesuai dengan hastag yang telah dibuat).
  • Hastag dapat menghubungkan penggunanya pada topik-topik terbaru.
  • Hastag secara universal dapat digunakan untuk keperluan bisnis, kesenangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Bedakan Hastag Personal dengan Hastag untuk Bisnis

Hastag

Pernahkah Anda melihat bahwa isi hastag ini akan berbeda bergantung dari tujuan akun media sosial itu dibuat? Misalnya saja, jika Anda memiliki akun bisnis di Instagram yang menjual berbagai model pakaian untuk pria. Maka, Anda akan memberikan hastag semacam #BajuKemejaCowokMurah #KemejaDistro dan masih banyak berbagai hastag lainnya yang menggambarkan produk Anda.

Berbeda halnya ketika Anda memiliki akun pribadi (personal) di media sosial. Maka, hastag yang Anda buat pun lebih bersifat santai dan biasanya hanya digunakan untuk lucu-lucuan saja. Misalnya, seperti #GuaMahGituOrangnya dan lain-lain. Itu artinya, hastag ini dibedakan berdasarkan dari tujuan akun Anda dibentuk. Apakah untuk kepentingan bisnis atau hanya untuk kebutuhan personal saja.

Namun, apabila Anda menggunakan hastag tersebut untuk kepentingan bisnis, maka hastag dapat Anda gunakan untuk membantu mencari target market yang tepat. Tak hanya itu saja, hastag untuk kepentingan bisnis juga sangat berpotensi membangun sebuah brand untuk produk Anda. Hal ini dapat terlihat dengan jelas ketika Anda menggunakan Instagram.

“Hastag untuk kepentingan bisnis akan jauh lebih efektif untuk memberikan informasi yang relevan di antara customer dan pelaku bisnis.”

Seperti yag telah kita ketahui, Instagram merupakan sebuah media sosial berbagi foto dan gambar. Dengan menonjolkan kualitas secara visual, media sosial ini tengah berkembang menjadi alat pemasaran untuk bisnis Anda. Ya, Instagram sering dijadikan sebagai alat untuk promosi dan mengembangkan strategi marketingnya untuk memperoleh customer yang lebih tertarget.

Pada dasarnya, hastag untuk kepentingan bisnis ini bertujuan untuk menghubungkan brand bisnis Anda dengan orang lain melalui hastag yang sama. Untuk itu, apabila Anda menggunakan hastag untuk bisnis, maka gunakan hastag yang pada umumnya dipakai untuk menggambarkan produk bisnis Anda.

Akan Berbeda Lagi Jika Itu untuk Kepentingan Personal Branding

Jika tujuan Anda adalah ingin memanfaatkan hastag ini untuk personal branding, maka hal tersebut akan berbeda. Untuk menunjang tujuan personal branding Anda, maka dari itu sebelumnya Anda telah memiliki akun yang siap untuk digunakan. Lakukan strategi promosi Anda dengan baik dan benar, selanjutnya sertakan hastag pada setiap postingan Anda di media sosial.

personal Brand

Sederhananya, DigitalMarketer.id telah merumuskan tentang beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan hastag untuk kepentingan personal branding Anda. Pertama, jika Anda membuat postingan di media sosial, jangan menyertakan lebih dari tiga hastag. Hal tersebut dikarenakan, postingan Anda akan terbaca sebagai spam. Kedua, jangan lupa hanya menyertakan hastag pada media sosial yang mendukung fitur hastag yang nantinya akan melakukan hyperlink otomatis.

Hastag Juga Mampu Meningkatkan Follower di Media Sosial

Seperti yang telah disinggung pada bahasan di atas, secara tidak langsung hastag akan menghubungkan produk Anda ke dalam berbagai macam saluran (terkotak-kotak). Dengan demikian, hal itu secara tidak langsung juga dapat menambah pengikut atau follower Anda di media sosial. Tentunya hal ini menjadi keuntungan lebih bagi Anda untuk semakin gencar memberikan penawaran-penawaran terkait dengan produk yang Anda jual. Karena, pada dasarnya semakin banyak follower di media sosial, maka Anda pun akan semakin efektif dalam menjual produk Anda dengan cepat.

Dengan menerapkan apa yang diajarkan di ebook ini dengan detail, Anda akan dapat meningkatkan follower Instagram Anda dengan cepat >> Cara Praktis Tambah Follower Instagram

Riset Keyword Sebelum Membuat Hastag

Untuk memaksimalkan hastag demi meningkatkan produk bisnis Anda, maka sebelumnya Anda dapat melakukan riset dengan mencari semua tentang keyword yang berpotensi menjadi populer. Untuk itu, jangan asal memberikan hastag yang justru malah membuat postingan Anda terbaca sebagai spam. Biasakan untuk mencari tahu tentang kata kunci yang tepat setiap kali Anda membuat hastag. Tak main-main, dengan memberikan hastag dengan keyword yang tepat, hal ini dapat meningkatkan konversi penjualan produk Anda hingga membuat bisnis Anda berkembang pesat.

Jadi, pada dasarnya hastag bukanlah trend sesaat di media sosial yang hanya dapat digunakan sebagai lucu-lucuan saja. Melainkan, jika digunakan dengan benar, hastag akan mampu mengembangkan bisnis Anda melalui peningkatan merek produk demi mendapatkan konversi produk yang lebih besar lagi.

(Note: Dengan menerapkan apa yang diajarkan di ebook ini dengan detail, Anda akan dapat meningkatkan follower Instagram Anda dengan cepat >> Tingkatkan Ribuan Follower Instagram Anda)

JB instagram

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!